Respon Cepat Kapolres Batu Bara Menindaklanjuti Perintah Kapoldasu Untuk Mencegah Teror Bom Gereja

  • Whatsapp

BATU BARA, PilarAktual.com – Sehubungan ledakan yang diduga BOM terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) Aksi bom tersebut diduga bagian dari bunuhdiri. Kabaghumas Polrestabes Makassar Kompol Edhy membenarkan insiden tersebut.

“Benar”, kata Edhy kepada awak media.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun, bom meledak sekitar pukul 10.00 WITA atau pukul 09.00 WIB. Belum ada informasi lebih jauh soal kejadian ini. Saat ini polisi masih melakukan olah TKP.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH, MH langsung merespon cepat kejadian tersebut dengan langsung berkordinasi ke Wakapolres dan seluruh pejabat utama satuan Di Mapolres Batu Bara dan Polsek untuk segera melakukan patroli ke Gereja dan rumah ibadah lainnya di wilayah hukum kabupaten Batu bara.

” Atas Intruksi Kapolda Sumut Bapak Irjen Pol Panca Putra, Saya langsung telpon Wakapolres dan para kasat untuk berkomunikasi dan berkordinasi langsung dengan para Kapolsek melakukan patroli keamanan di gereja-gereja dan tempat ibadah yang ada, guna merespon cepat terkait ledakan yang diduga BOM yang terjadi di depan gereja katedral di Makasar,” ucapnya.

Kapolres Batu Bara mengatakan tidak ada toleransi terhadap siapapun yang melakukan aksi-aksi yang dapat mengancam Keamanan Dan gangguan Kamtibmas.

” Keselamatan Masyarakat adalah hukum tertinggi. Maka Saya himbau kepada siapapun pihak-pihak manapun kami tidak ada toleransi bagi pelaku-pelaku yang dapat mengancam nyawa Masyarakat terkhusus di wilayah hukum Kabupaten Batu Bara,” tegasnya.

Ketika ditanyakan apa upaya yang akan dilakukan terkait penanganan pencegahan teror BOM yang bisa saja terjadi di kabupaten Batu Bara, Pria yang dikenal Pendiri sekaligus pembina utama KSJ (Komunitas Sedekah Jumat) ini mengatakan sudah memberikan attensi memperketat pengamanan rumah rumah ibadah dan objek-objek vita.

” Saya sudah Intruksikan kepada seluruh anggota untuk memperketat dan memperkuat pengamanan rumah-rumah ibadah dan objek-objek vital di wilayah hukum Kabupaten Batu Bara. Kita harus bersatu melawan pelaku-pelaku teror dan saling menjaga keamanan demi keuntuhan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Direktur Investigasi dan Intelijen Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia ( BPI KPNPA RI ) Sari Darma Sembiring, SE mengutuk keras terduga pelaku BOM Bunuh diri.

” Atas Nama Direktorat Investigasi dan intelijen BPI KPNPA RI Saya mengutuk keras terduka pelaku teror BOM Bunuh diri di gereja katedral Makasar,” ucapnya.

Ketika ditanyakan bagaimana pendapat terhadap langkah Kapolres Batu Bara yang langsung merespon cepat dalam mengintruksikan jajarannya untuk memperketat keamanan Rumah Ibadah, dirinya mengaku apresiasi langkah cepat Kapolres.

” Saya apresiasi dan mendukung penuh upaya Bapak Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH, MH yang merespon cepat intruksi Kapoldasu Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak untuk memberikan attensi khusus memperketat dan memperkuat pengamanan Rumah-rumah Ibadah dan Objek-objek Vital. Walaupun kondisi hari Minggu, Ini menjadi sangat penting agar keselamatan masyarakat batu bara dapat diberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan Ibadah,” ucapnya.

Pemuda yang disapa Angling Darma juga menyampaikan harapannya dukungan masyarakat Batu Bara dalam menciptakan Kondusifitas Kamtibmas.

” Saya berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat kepada Kapolres Batu Bara untuk dapat bersatu bersama melawan dan mencegah segala bentuk teror yang akan masuk dan coba-coba merusak keutuhan dan persatuan NKRI,” tegasnya. (RED)