Kapolres Kuburaya

Polres Kotamobagu Turunkan Ratusan Personil Untuk Pengamanan Pilsang Serentak Tahun 2022

Kotamobagu, PilarAktual.com – Polres Kotamobagu Gelar kegiatan Apel Serpas Pengamanan Pemilihan Sangadi (Pilsang) Serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), tahun 2022. Wilayah Hukum Polres Kotamobagu, rabu, (2/2/2022).

Kegiatan Apel Serpas tersebut di laksanakan di halaman Mapolres Kotamobagu dan di Pimpin oleh Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid, S.I.K, dengan Komandan Apel IPTU Agus Julianto yang dihadiri oleh Waka Polres Kotamobagu Kompol Rina Frilya, S.I.K, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira dan Personil yang terlibat sebanyak 282 Personil.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Kotamobagu menyampaikan amanat dan arahan kepada seluruh Personil.

“Wilayah Administrasi Kabupaten Bolmong terdapat empat Kecamatan di wilayah hukum Polres Kotamobagu yaitu Kecamatan Lolayan, Passi Timur, Passi Barat dan Bilalang dimana pada empat Kecamatan ini terdapat 24 Desa yang melaksanakan Pilsang Serentak pada hari Kamis tanggal 03 Februari 2022. Pengamanan Polres Kotamobagu melibatkan personil Brimbob Inuai 25 orang, BKO Polres Boltim 25 orang, Kodim 1303 Bolmong 25 orang, Pleton siaga Polres Kotamobagu 150 orang, Senkom 27 orang serta Pengamanan TPS 132 orang sehingga jumlah keseluruhan 384 orang,” pungkas Kapolres.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan kedaulatan rakyat secara Konstitusional yang dilindungi undang-undang maka perlu ketegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19.

Kapolres menambahkan, “Memberikan perlindungan dan keselamatan kepada penyelenggara Pemilihan, peserta Pemilihan dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyeberan Covid-19 pada adaptasi kebiasaan baru,” ungkap Kapolres.

Penekanan Kapolres Kotamobagu dalam Pengamanan Pemilihan Sangadi Serentak Tahun 2022 yaitu :

– Tetap menjaga dan tingkatkan Displin masing-masing Personil yang terlibat dalam kegiatan Pengamanan Pilsang.

– Dalam bertindak agar senantiasa menggunakan tindakan persuasif edukatif.

– Lakukan Penindakan hukum secara tegas, etis,simpati sesuai koridor hukum yang berlaku dan junjung tinggi hak Azasi manusia.

– Dalam pelaksanaan Pengamanan agar lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik antar fungsi dan komponen pengamanan serta komponen potensi masyarakat di wilayah tugas masing – masing.

– Kenali lingkungan tempat tugas masing- masing dan lakukan antisipasi secara matang.

– Manfaatkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah masing-masing sesuai kebutuhan tugas.

– Hindari hal – hal yang dapat memancing situasi yang dapat menimbulkan antipasti dari masyarakat sehingga mengganggu kelancaran pelaksanaan Pengamanan.

Penulis: Stinki Mamonto | Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan