HUT RI PEMKAB HALSEL

Pematang Kocik Lorong Kreatif Dan Edukasi Wisata Desa Ujung Kubu Menggapai Masyarakat Mandiri Dan Sejahtera

BATU BARA, PilarAktual.com – Program ini merupakan wujud pengabdian di kampung halaman sebagai tanah kelahiran. Program lorong kreatif dan edukasi wisata desa Ujung Kubu Menggapai masyarakat mandiri dan sejahtera ini merupakan stimulus bagi para pelajar nantinya.

Demikian disampaikan oleh Muhammad Nurdin, S.Ag didampingi oleh Ruslan, S.Pd pencetus ” Program Pematang Kocik Lorong Kreatif Dan Edukasi” kepada Wartawan media ini, Ahad (05/12/2021)

” Lorong kreatif dan edukasi merupakan suatu program Pembinaan dan Pengembangan Kreatifitas masyarakat tempatan di dusun/ Lorong suatu Desa dengan mengorganisir usaha usaha kreatif masyarakat yang tergolong dalam UMKM dipadukan dengan program rdukasi yang didesain sedemikian rupa yang akhirnya dapat dijadikan sebagai tujuan Wisata sehingga Dusun/ Lorong tersebut maju dan berkembang sehingga pendapatan ekonomi masyarakat tempatan meningkat yang akhirnya kesejahteraan tercapai disebabkan kemandirian masyarakatnya dari pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Menurut nya, saat ini pihaknya mencoba membuat wacana untuk menjadikan suatu program yang rencana akan dimulai di Desa Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus (Wilayah Kedatukan Lima Laras).

” Kami mengajak bagi siapa saja yang mau bergabung dalam mewujudkan program ini baik secara person maupun lembaga atau organisasi baik dari pemerintahan maupun swasta,” tuturnya.

Ia menambahkan, Lorong Kreatif dan edukasi merupakan program pembinaan masyarakat yang ada di Dusun di suatu Desa agar dapat memiliki kreatif yang akan di kembangkan menjadi nilai ekonomis yang tergolong UMKM mulai dari usaha Kuliner, Kerajinan, Fashion, Kebun dan Kolam, yang dikemas dalam suatu bingkai kebersamaan untuk bersama sama memajukan Dusun tersebut.

” Dipadukan dengan EDUKATIF atau pendidikan yang ada di dusun tersebut merupakan laboratorium alam. Lorong kreatif dan edukatif tersebut dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Untuk melangkah agar wacana ini menjadi program perlu dukungan dari berbagai pihak,” jelasnya.

Adapun tujuan dan jenis jenis program nya dijelaskan Muhammad Nurdin diantaranya adalah sebagai tujuan wisata kreatif dan edukatif serta religius dengan program pembinaan dan pengembangan UMKM dan pembuatan ikon serta lorong kreatif dan edukasi.

” MOTTO kami sedikit berbuat banyak manfaat, Anda Lihat Anda Terpikat, demikianlah juklak program kerja lorong kreatif dan edukasi, semoga mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam mewujudkan program ini,” kata Muhammad Nurdin penuh harap. (RED)