Pelaku Curat Diamankan Petugas Di Labusel

  • Whatsapp

LABUHANBATU SELATAN, PilarAktual.com – Dipimpin Kanit Resum Polres Labuhanbatu, SM Lumbangaol, Tim 3 Tekab Unit Resum tangkap pelaku curat (pencurian dengan pemberatan) yakni AAJ alias Dedek (31), warga Dusun Dusun Tegal Sari, Desa Aek Goti, Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sabtu (6/1/2021).

Dasar penangkapan LP / 104 / I / 2021 / SPKT – LBH PELAPOR An. H. NOPMAN RAMBE dan SPT / 227 / II / RES 1.24 / 2021 / RESKRIM. “Benar bang, dini hari semalam Tim Resum menangkap pelaku curat”, Ujar Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu, AKP Parikesit kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Kata AKP Parikesit, kronologis kejadian bermula hari Senin (21/12/2020), sekira pukul 10.00 WIB, ketika pelapor sedang diladang kebun karet miliknya yang berada di Desa Hajoran, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, pelapor mendapat kabar dari pekerja ladang miliknya yang bernama Sulemi (saksi) bahwa barang bareng milik pelapor berupa 1buah senapan angin, 1 unit mesin potong / sensow dan 1 buah timbangan ukuran 110 Kg yang ada didalam pondok (rumah) telah hilang.

Mendengar hal tersebut pelapor dan saksi-saksi berusaha mencari disekitar lokasi, namun sudah tidak diketemukan serta pelapor juga tidak mengetahui identitas pelaku yang tanpa ijin mengambil barang milik pelapor tersebut, sehingga akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp. 5.750.000.

Lebih lanjut, kata AKP Parikesit, kronologis penangkapan hari Jumat (5/2/2021) sekira pukul 03.30 WIB, tim berhasil menangkap pelaku. Setelah sebelumnya lidik dilapangan hari Kamis (4/2/2021), sekira pukul 20.00 WIB, tim 3 Tekab Unit Resum mendapat informasi keberadaan tersangka di Sei Rumbiah, Kecamatan Kota pinang, Kabupaten Labusel. Akan tetapi pada bulan Januari 2021 tersangka sebelumnya sempat melarikan diri ke daerah Gunung Tua, Kabupaten Paluta.

Setelah mendapat informasi tersebut tim langsung menuju lokasi dan melakukan penggerebekan, namun tersangka sempat berpindah dan tidak ada di lokasi. Dari lokasi tim mendapat informasi bahwa tersangka sudah berada di rumah kakak ipar di Dusun Mual Mas Desa Kampung Dalam, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu. Di rumah kakak ipar tersangka tim mengamankan pelaku dari dalam rumah yang mana pelaku sempat mencoba melarikan diri dari pintu bagian belakang rumah.

Selanjutnya, tim mengamankan pelaku dan melakukan pengembangan terhadap pelaku lain, namun tiba-tiba tersangka melakukan perlawanan terhadap petugas dengan menggunakan borgol yang terpasang di tangannya. Melihat hal tersebut petugas memberikan tembakan peringatan ke udara, namun tidak di hiraukan oleh tersangka maka petugas mengambil tindakan tegas dan terukur. Kemudian tim membawa tersangka ke RSUD Rantau Prapat guna perobatan, lalu membawa tersangka beserta barang bukti 1 buah senapan angin dan 1 Unit mesin potong/ sensow ke Polres Labuhanbatu guna proses hukum. (Admn)