PAD Sektor Pariwisata Rendah, Ini Kata Lamaluta

  • Whatsapp

PilarAktual.com, Boltim – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sektor pariwisata tahun 2021 masih jauh dari target.

Sektor pariwisata yang menjadi program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo ini belum memenuhi bahkan masih jauh dari target capaian.

Bacaan Lainnya

Memasuki akhir September tahun 2021 ini, capaian target PAD dari sektor pariwisata baru 2℅ atau Rp. 1.000.000, dari target capaian sebesar Rp. 50.000.000.

Hal ini kemudian ditanggapi oleh Kepala Dinas Pariwisata Boltim, Rizky Lamaluta, menurutnya rendahnya PAD sektor pariwisata akibat dari pandemi covid.

“Pemasukan PAD hanya di danau mooat, kan covid, jadi tidak ditarik biaya,” kata Rizky saat dihubungi via telefon, Rabu (29/9/2021).

Dirinyapun menjelaskan, minimnya pemasukan PAD disektor wisata karena dampak pandemi hingga penutupan destinasi wisata.

“Sekarang masih di tutup karena covid, makanya belum di tarik biaya, tahun lalu juga begitu, kecuali didalamnya ada restoran. Ya bisalah biaya parkir dan lainnya. Tapi kita lihat saja sampai Desember berapa yang bisa di capai,” ungkapnya.

“Sebelum covid kita bisa mencapai 100 persen, bahkan lebih,” tambahnya.

Lamaluta berharap ke depan destinasi wisata di Boltim dapat menyumbangkan PAD bagi Daerah dengan usaha penunjang wisata lainnya.

“Rencananya tahun 2022 selain danau mooat juga diving center, kita ingin tempat ini bisa menghasilkan PAD, juga usaha-usaha pariwisata lainnya, tapi kita bahas bersama sebelum pembahasan APBD 2022,” imbuhnya. (HM)

Pos terkait