Komjen Pol Agus Andrianto Menjadi Pilihan Tepat Presiden Jokowi Menjabat Kapolri

0
88

BATU BARA, PilarAktual.com – Siapa yang tidak mengenal sosok Komjen Pol Agus Andrianto, Mantan Kapolda Sumatera Utara ini telah Banyak menorehkan prestasi di bidang Reserse, Pemberantasan Narkoba, menjaga Kondusifitas dan stabilitas Kamtibmas.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967 ini sejak 6 Desember 2019 lalu ditunjuk sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Sebelumnya, dirinya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Komjen Pol Agus Andrianto dinilai berhasil menjaga Kondusifitas di Provinsi Sumatera Utara selama masa Pemilihan Presiden 2018 lalu berlangsung. Itulah faktor utama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menunjuknya menjabat Posisi Penting sebagai Kabaharkam Polri.

Salah satunya dapat dilihat pada masa Pilpres 2018, saat itu aksi heroiknya dalam mengamankan ulama besar Nahdhatul ulama Gus Muwafiq pada saat memberikan tausiyah pada tabligh akbar di kota Tebing tinggi.

Baca Juga :   Untuk Jaga Stamina & Kesehatan, Babinsa Bersama Warga Binaan Laksanakan Gerak Jalan Sehat

Kehadiran sekelompok orang yang secara tiba-tiba ingin menghentikan kegiatan tabligh akbar Gus Muwafiq yang sedang menyampaikan isi ceramahnya kepada masyarakat diatas panggung, dengan cepat dan sigap Komjen pol Agus Andrianto yang berada disamping Gus Muwafiq bersama anggota polisi lainnya melindungi Gus Muwafiq dan menangkap orang-orang yang membuat keributan tersebut.

Selain memiliki integritas dan sikap tegasnya terhadap perilaku premanisme, Intoleransi dan Radikalisme, Komjen Pol Agus Andrianto juga memiliki torehan prestasi di bidang Reserse. Kariernya dimulai ketika dia menerima tugas di wilayah hukum Polda Sumut yang terkenal banyak terjadi kasus-kasus tindakan kriminal.

Berikut catatan kami perjalanan karir Komjen Pol Agus Andrianto :
lulusan Akpol 1989 ini pernah menjabat pada 1992, dia ditunjuk sebagai Kapolsek Sumbul, kemudian Kapolsek Parapat pada 1993 serta Kapolsek Percut Seituan pada 1995. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

Baca Juga :   Kodim 1207/BS Gelar Komsos Bersama Forkompimda Pontianak dan Kubu Raya

Pada 1997, dia menjabat sebagai Kapuskodalops Polres Lampung Selatan, Kasat Serse Poltabes Medan 1999, Kasubag Binops Bag Serse Ek Polda Jatim 2001, Kasubag Binops Bag Serse Um Polda Jatim 2001, Wakapolres KP3 Tanjungperak 2003, Pamen Polda Jatim 2005, serta Kasat I/Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya 2006.

Selain itu Komjen Pol Agus Andrianto juga pernah menjabat sebagai Dir Psikotropika dan Prekursor Deputi Bid Pemberantasan BNN pada 2015, Dirtipidum Bareskrim Polri 2016, Wakapolda Sumatera Utara 2017, dan Kapolda Sumatera Utara 2018-2019.

Komjen Pol Agus sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2016, yang juga menangani kasus penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Baca Juga :   Mendengar Rumah Warga Tertimpa Pohon, Babinsa Koramil Adipala Langsung Berangkat ke TKP

Komjen Pol Agus dianugerahi beberapa tanda penghormatan, diantaranya Bintang Bhayangkara Pratama, SL. Pengabdian XXIV, SL. Ksatria Bhayangkara, SL. Operasi Kepolisian hingga France Medal.

Selain menjabat Kabaharkam Polri, saat ini Komjen Pol Agus Andrianto juga dipercaya menjadi Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19. Tugasnya adalah bagaimana memastikan para Kasatgas 1-6, Kapusdalops, Kasetops, Kaposko, Kaminops, dan Kasubsatgas Opspus Kontinjensi membuat rencana kegiatan operasi pandemi Covid-19.

Komjen Pol Agus juga aktif di perkumpulan Ikatan Alumni Akabri 1989 dengan segudang program salah satunya menggelar bakti sosial (baksos). Kegiatan nyata dari kegiatan ini adalah membagikan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di sejumlah daerah. (AD)