Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag, Bupati Zahir: Kerukunan Umat Beragama Modal Bangsa Ini Untuk Maju

  • Whatsapp

BATU BARA, PilarAktual.com – Bupati Zahir menyampaikan bahwa peringatan hari amal bakti ke-75 tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun” tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju, tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Demikian disampaikan Bupati Batu Bara, Ir H Zahir, M.AP dalam amanatnya saat menjadi Inspektur upacara dalam Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) yang berlangsung di Lapangan Madrasah Tsanawiyah Lima Puluh, Selasa (05/01/2021).

” Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri agama dan aparatur kementerian agama dari masa kemasa,” tegas Bupati Zahir yang merupakan Politisi dari PDIP ini.

Menurutnya, Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apreasiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain atas dukungan sinergi dan kebersamaan nya mengawal tugas-tugas kementrian agama.

” Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak haknya sendiri dewasa ini kita mengembangkan moderasi beragama agar toleransi dan kerukunan yang ada lebih mengakar dalam kehidupan sehari hari bangsa kita,” jelas Bupati.

Dikatakannya, di negara yang berdasarkan Pancasila ini tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas dalam kaitan itu semua umat beragama dituntut untuk saling menhormati hak dan kewajiban masing-masing, dimana hak seorang dibatasi oleh hak -hak orang lain.

” Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai ke Indonesiaan sebagai bangsa yang beragama sila pertama Pancasila yaitu ketuhanan yang maha esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragam dan moral,” ujar Zahir.

Bupati menambahkan, Komitmen religius dan moralitas menjadi barometer apakah satu bangsa dapat menjadi bangsa yang besar atau tidak sejalan dengan itu tugas dan tanggung jawab sejarah bangsa indonesia adalah mengisi negara yang berketuhanan yang maha esa ini sejalan dengan asa demokrasi dan kedaulatan rakyat bangsa indonesia dari generasi ke kegenerasi harus bisa menjaga komitmen nasional tentang landasan bernegara di tengah dahsyatnya percaturan Global di bidang Geopolitik ekonomi kebudayaan ilmu pengetahuan teknologi dan lainnya. Amanat yang disampaikan ini sesuai dengan Amanat Menteri Agama RI.

Upacara Hari Amal bakti ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Dan dihadiri Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Batu Bara, Kepala Kemenag dan Ketua MUI Batu Bara.

Selesai upacara, Bupati beserta Ketua TP-PKK dan Wakil Ketua TP-PKK Batu Bara memberikan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai Keagamaan dan Pemberian penghargaan kepada Pegawai Non PNS yang teladan. (AD)

Pos terkait