HUT RI PEMKAB HALSEL

Dorong Literasi dan Numerasi di Boltim, LPMP Sulut Lakukan Hal Ini

PilarAktual.com, Boltim – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pertemuan dengan Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bertempat di lantai II ruang rapat Dinas Pendidikan Boltim, Rabu (8/12/2021).

Kepala LPMP Sulut Febry Dien, melalui Widyaprada Ahli Muda Hofni Timpalen, dalam kesempatan itu mengatakan pertemuan ini merupakan pengumpulan data terkait Asesmen Nasional dan pembelajaran di sekolah.

“Jadi selain pengumpulan data asesmen Nasional dan pembelajaran tatap muka, kita juga mengambil data berapa jumlah guru dan tenaga kependidikan yang sudah di vaksinasi serta yang belum sebagai laporan ke pusat, karena ini menjadi syarat pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah,” kata Hofni.

Selain itu, Hofni juga menjelaskan terkait kegiatan literasi numerasi yang akan di laksanakan di sekolah-sekolah.

“Sebelumnya telah dibentuk Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD) yang akan di SK-kan oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati. Struktur yang ada dalam SK tersebut adalah dinas perpustakaan, dinas pendidikan, penggiat literasi, penerbit, dan penulis atau mereka yang berkecimpung di dunia literasi,” jelasnya.

Dirinya berharap melalui pembentukan TPLD ini literasi di Boltim dapat berjalan dengan baik.

“Salah satu tugas dari TPLD ini adalah membentuk tim literasi sekolah, meskipun sebelumnya telah terbentuk namun kerena adanya pandemi dalam dua tahun terakhir maka perlu adanya pengaktifan kembali guna memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berkurang akibat pandemi,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Boltim, Yusri Damopolii mengapresiasi kegiatan literasi numerasi dan pembentukan TPLD Boltim.

“Semoga dengan adanya TPLD ini bisa meningkatkan minat baca dan kemampuan numerasi di sekolah-sekolah atau paling tidak ketersedian pojok baca, baik itu di sekolah maupun di tempat umum sehingga bisa memenuhi kebutuhan literasi di Boltim,” imbuhnya. (HM)