Demosi atau Non Job, Pelantikan Pejabat Eselon II Menunggu Waktu

  • Whatsapp

PilarAktual.com, Boltim – Selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Daerah, Bupati Kabupaten Bolaang mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, saat ini sedang mematangkan pelantikan pejabat eselon II.

Melalui Kaban Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSM), Rezha Mamonto, mengatakan saat ini Bupati Boltim tinggal menunggu waktu pelantikan terhadap enam jabatan eselon II yang dilelang beberapa pekan kemarin, juga 12 jabatan eselon II masuk Job Fit yang sudah selesai melakukan uji kompetensi oleh tim Pansel di Manado pekan kemarin.

Bacaan Lainnya

“Pekan ini sudah akan dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sekaligus meminta rekomendasi pelantikan,” kata Rezha, Senin (4/10/2021).

Ketika di tanya terkait ke 12 OPD yang masuk job fit berpeluang bakal di non job, Rezha pun menjawab tergantung penilaian KASN.

“Kalau demosi iya bisa. Itu pun berdasarkan evaluasi hasil,” sahutnya.

“Ada tiga yang dinilai, pertama kompetensi manajerial, apakah selama memimpin pernah membuat kesalahan, apakah pengelolaan keuangan bagus. Kemudian kompetensi teknis, penguasaan tupoksi selama menjabat Kepala Dinas, pernah ada inovasi atau tidak. Terakhir kompetensi sosial kultural, hubungan dengan anak buah dan masyarakat pernah ada laporan atau tidak,” terangnya.

Menurutnya, hasil dari uji kompetensi ini menjadi dasar penilaian dari KASN.

“Jadi kalo untuk demosi kemungkinan, kalau bisa dipastikan kurang tergantung penilaian KASN seperti apa, karena 12 jabatan ini masing-masing ada penilaian tersendiri. Hasil uji kompetensi ini menjadikan dasar untuk mereka pindah ke OPD lain,” ungkap Mamonto.

“Non job itu jika mereka bikin pelanggaran, salah penyalahgunaan kewenangan, terlibat politik praktis, ada tuntutan ganti rugi (TGR) yang merugikan keuangan Daerah yang memang luar biasa, pelanggaran disiplin atau korupsi itu yang paling berat sekali,” pungkasnya. (HM)

Pos terkait