BPI KPNPA RI Akan Berikan Koreksi dan Apresiasi Penghargaan Kepada Beberapa Instansi di Kabupaten Batubara

  • Whatsapp

BATU BARA, PilarAktual.com – Kamis (31/12) Mengakhiri Tahun 2020 Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Kabupaten Batubara akan melakukan penelitian ke beberapa Dinas di Pemerintahan yang ada Kabupaten Batubara.

Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan penilaian yang membangun instansi atau dinas terkait untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanannya kepada Masyarakat kabupaten Batubara. Hal ini selaras dengan program BPI Award yang sedang dilaksanakan oleh Pimpinan Pusat BPI KPNPA RI di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Sekretaris BPI KPNPA RI Kabupaten Batubara, Sari Darma Sembiring, SE kepada reporter kami melalui selulenya, Kamis (31/12) sembari mengatakan Penelitian ini dilaksanakan tetap melalui koordinasi dan mengikuti mekanisme yang ditetapkan dari pimpinan BPI KPNPA RI yang berada di Jakarta.

” Akhir Tahun 2020 ini kami sudah melaksanakan sampling data kebeberapa kantor dinas dan instansi pemerintah kabupaten Batubara. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan koreksi kepada Dinas dan instansi terkait untuk meningkatkan layanan dan fasilitas kepada masyarakat. saat ini baru terlaksana di RSUD Kabupaten Batubara dan Disdukcapil. Rencana Senin kami akan melakukan sampling data kembali di Polres Batubara dan dinas pemerintahan Kabupaten Batubara lainnya ” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan pria yang akrab disapa Angling Darma ini menjelaskan bahwa penilaian sudah pasti hasil dari penelitian yang sudah dilakukan berdasarkan sampling data dari team yang bertugas di lapangan. Tidak hanya melihat, pihaknya juga melibatkan langsung masyarakat yang hadir di kantor dinas instansi terkait yang sedang membutuhkan pelayanan untuk memberikan penilaian melalui quesioner ataupun kertas saran pendapat. Untuk penelitian ini kategorinya berdasarkan pada kepuasan Publik, Pelayanan, Melayani dan juga Birokrat Bersih dari Korupsi.

Ditempat lain, Ketua BPI KPNPA RI Kabupaten Batubara Sultan Aminuddin Ketika dikonfirmasi reporter kami membenarkan adanya kegiatan penelitian tersebut. Ketika ditanyakan hasil penelitian nanti akan diberitahukan kepada dinas atau instansi yang di teliti, dirinya mengaku akan memberikan informasi data yang ditemukan oleh team penelitian.

” Saya mendelegasikan kepada Sekretaris membentuk team khusus untuk melakukan penelitian. Kami memiliki integritas independen, sudah pasti akan memberikan hasil penelitian yang menjadi kesimpulan dan penilaian. kami akan sampaikan kepada dinas terkait jika hasil sampling data ternyata hasilnya tidak baik atau belum baik, itu akan menjadi catatan khusus sebagai koreksi untuk diperbaiki. Dan jika hasil sampling data ditemukan sudah baik sebagai bentuk apresiasi sudah pasti kami juga akan memberikan penghargaan kepada dinas atau instansi terkait. Sehingga catatan koreksi dan apresiasi penghargaan yang kami berikan diharapkan nantinya dapat meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat,” Tegas Sultan Aminuddin.

Seperti diketahui, sebelumnya pada Rabu (23/12) dilansir dari salah satu berita media online Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) melaksanakan program tahunan yaitu pemberian BPI award yang dalam waktu dekat akan diberikan kepada beberapa Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri dan Kepolisian dari hasil penelitian serta masukan dari seluruh elemen masyarakat terkait dengan kepuasan publik pelayanan dan nelayani & birokrat bersih dari korupsi sehingga penilaian terbaik dari beberapa daerah saat ini diberikan kepada Kapolda Kalimantan Tengah, Kapolda Aceh, Kapolda Sumut, Kapolda Sumbar, Kapolda NTB, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Kejari Jember, Kejari Malang Kabupaten.

Demikian disampaikan Tubagus Rahmad Sukendar, S.Sos, SH, Ketua Umum BPI KPNPA RI.

“ Untuk memberikan penghargaan dari masyarakat kepada jajaran penegak hukum khususnya di lingkungan Korps Adhyaksa dan Tribrata sehingga akan menjadikan suatu kebanggan untuk berbuat lebih baik , dan kriteria penilaian terkait dengan kepuasan publik dalam pelayanan dan melayani, transparan serta bersih dari Korupsi,” Tegas Tubagus Rahmad Sukendar.

“Selama 3 bulan ke belakang, dari BPI KPNPA RI dibantu relawan telah melakukan penelitian terhadap kinerja dan pelayanan publik terhadap beberapa Satker jajaran kejaksaan dan Kepolisian diseluruh indonesia dan ada beberapa yang mendapatkan penilaian terbaik dengan kategori kepuasan publik terhadap pelayanan, melayani, keterbukaan informasi dan kawasan bersih dari korupsi,” tuturnya. (Red)