Baru 9 Bulan, Hanya 930 Warga di Enam Desa Kayoa Selatan Ikut Vaksinasi

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com – Tim vaksinasi Puskesmas Laluin menyampaikan sasaran vaksinasi di 6 Desa Kecamatan Kayoa Selatan Kabupaten Halmahera Selatan, sebanyak 4.275. itu mulai sejak pada bulan februari – 07 oktober 2021.

Itu disampaikan tim vaksinasi PKM Kayoa Selatan, Ikra Mahmud, saat diwawancarai pada Jum’at (08/10/2021) baru-baru ini mengatakan, sasaran vaksinasi sebanyak 4.275 itu sejak Februari hingga masuk bulan Oktober 2021 partisipasi warga dari 6 Desa Kayoa Selatan baru 930 orang yang divaksin.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Ikra, sasaran vaksinasi sebanyak 4.275 tersebar di 6 Desa Kecamatan Kayoa Selatan yaitu, Desa Laluin, Ngute-Ngute, Orimakurunga, Pasir Putih, Posi-Posi dan Sagawele, sejak bulan Februari sampai 7 Oktober 2021 sebanyak 930 orang divaksin.

“Sejak Februari-Oktober ini sudah habiskan dua Dosis, dosis pertama vaksin 646 orang (15,11%), dosis kedua vaksin 284 orang (6,6 %) totalnya 930 orang sudah divaksin dari sasaran vaksinasi sebanyak 4.275,” terang Ikra.

Menurut Ikra, tim PKM Laluin hingga saat ini terus memberikan edukasi (Sosialisasi) namun partisipasi masyarakat masih minim dalam mengikuti vaksinasi, tim Puskesmas Laluin sudah door to door ke desa melakukan vaksinasi tetapi hanya sebagian kecil masyarakat sadar ikut vaksinasi.

“Tim PKM Laluin gencar kegiatan vaksinasi itu door to door ke 6 Desa, namun partisipasi masyarakat masih lemah,”Ujar Ikra.

Selain itu Ikra mengatakan, tim Puskesmas selalu mengajak dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengikuti vaksinasi karena tujuan vaksinasi selain menangkal virus corona juga membentuk antibodi (kekebalan tubuh) ketika diserang virus.

“Manfaat vaksinasi selain aman dan halal juga dapat memberikan perlindungan terhadap tubuh dari serangan virus corona,” pungkasnya. (A/Red)