Wawali Kotamobagu Minta Kerja Inspektorat Lebih Dimaksimalkan

  • Whatsapp

Kotamobagu, PilarAktual.com – Kerja-kerja Inspektorat Daerah Kota Kotamobagu untuk tahun 2020 ini, diminta lebih dimaksimalkan. Hal tersebut dikatakan Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, saat melakukan briefing di Kantor Inspektorat Daerah Kotamobagu, Kamis (16/01/2020) pagi tadi.

Menurut Nayodo, Inspektorat seharusnya bisa lebih pro aktif, untuk melakukan pendampingan terhadap Organisasi

Bacaan Lainnya

Perangkat Daerah (OPD) yang ada di internal pemerintahan tersebut. “Jangan hanya turun nanti saat akan melakukam pemeriksaan saja,” ungkap Nayodo.

Idealnya kata Nayodo, di awal tahun 2020 ini, Inspektorat harusnya bisa turun lapangan ke seluruh OPD di Kotamobagu, untuk mendampingi penyusunan kerangka kerja di setiap instansi.

“Pendampingan ini penting, agar dalam penyusunan rencana kerja OPD bisa terarah dan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan, terlebih Inspektorat sendiri adalah Aparat Pengawas Interen Pemerintah (APIP) yang tugasnya tentu adalah melakukan pengawasan sejak awal, sampai dengan akhir program kerja di OPD dijalankan,” jelasnya.

Kerja Inspektorat dalam pendampingan di setiap OPD, masih menurut Nayodo perlu dimaksimalkan sebagai langkah untuk mencegah serta meminimalisir terjadinya kekeliruan administrasi dalam hal pelaksanaan program kerja.

“Lebih dari itu, integritas dari seluruh pegawai di inspektorat juga harus terus dijaga, sebab fungsi dari lembaga ini begitu penting dan strategis dalam mengawal visi clean government di daerah,” tuturnya. (btc)