PilarAktual.com
Cilacap Jateng
Satgas Penanganan Covid-19 bersama Tim Medis Puskesmas I Jeruklegi yang dipimpin dr. Pratiti Wiji Lestari melaksanakan kontak tracking dan tes swab terhadap keluarga/warga yang kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di halaman rumah warga Desa Sumingkir Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, Selasa (10/11/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos, MM, Kepala Puskesmas I Jeruklegi dr. Pratiti Wiji Lestari, Babinsa Koramil 02/Jeruklegi Pelda Sukarso, Bhabinkamtibmas Bripka Waryanto, Koordinator TKSK Kecamatan Jeruklegi Warisno, serta Kepala Desa dan perangkat Desa Sumingkir.

Warga terkonfirmasi positif Covid-19 (Nr) sendiri merupakan karyawati di salah satu Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Cilacap. Saat ini telah diisolasi dan menjalani perawatan di RSI Fatimah Cilacap. Swab dilakukan terhadap keluarga maupun warga yang kontak erat dengan Nr sebanyak 11 orang. Petugas swab dari Puskesmas I Jeruklegi terdiri dari dr. Pratiti Wiji Lestari, Niken, Suci, Rusyida,Septiana Eka Sari dan Dian.

Baca Juga :   Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim Cilacap Gelar Penyuluhan P4G dan Tes Urine

Langkah – langkah lain yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Jeruklegi diantaranya memberikan edukasi kepada warga yang telah dilaksanakan swab untuk melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum hasil swab keluar, melaksanakan penyemprotan desinfektan, melaksanakan pengawasan dan pemantauan serta mengaktifkan Jogo Tonggo dari warga setempat untuk membantu pengawasan dan pengiriman bahan makanan bersama perangkat desa setempat dan apabila terdapat keluhan agar menghubungi pihak Puskesmas.

“Memang benar, untuk meredakan kecemasan warga, kita memberikan edukasi kepada warga yang telah dilaksanakan swab untuk melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Kita juga melaksanakan penyemprotan desinfektan, pengawasan dan pemantauan serta menghimbau warga untuk mengaktifkan Jogo Tonggo untuk membantu pengawasan dan pengiriman bahan makanan bersama perangkat desa setempat dan apabila ada keluhan agar menghubungi pihak Puskesmas,” tandas Pelda Sukarso, Babinsa Sumingkir.

Baca Juga :   Tim Wasev Bidang Wanwil Korem 071/WK Kunjungi Kodim dan Koramil 01 Cilacap

#(Sugeng.S/Urip)