PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Mengacu Peraturan Presiden (Perpres) No 38 tahun 2019 tentang: Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan harga LPG untuk Kapal Penangkap lkan bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air bagi Petani Sasaran.

Maka dengan hal tersebut Pemerintah melalui Kementerian ESDM memberikan Sosialisasi Program Teknis Konversi BBM ke BBG untuk Kapal Penangkap lkan Bagi Nelayan Sasaran TA/2020, bertempat di Pendopo Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu, Selasa (20/10/2020) sejumlah 10% dari jumlah nelayan yang mendapatkan bantuan Konverter Kit.

Adapun Kriteria Nelayan Sasaran Program Konversi adalah Nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT, kapal berbahan bakar bensin, memiliki daya mesin 13 HP, alat tangkap yang digunakan ramah lingkungan dan belum pernah menerima bantuan sejenis juga memiliki Kartu KuSuka,” papar Frambia Widiasty, ST dari Kementerian ESDM.

Baca Juga :   13 Babinsa Koramil 09/Kawunganten Ikuti Tes Swab

Paket Konversi berupa 2000 unit Mesin Honda GX 200 6,5 PK, Konverter Kit, Gantaran dan Tabung Melon 3 kg sebanyak 2000 unit untuk nelayan di Kabupaten Cilacap, yang di kawal oleh Anggota DPR RI Komisi Vll Fraksi Nasdem Sugeng Suparwoto yang membidangi tentang ESDM dan Ristek.

Harapannya, program Konversi ini akan berlanjut dan sukses untuk para nelayan juga bisa dimanfaatkan bagi nelayan guna memudahkan dalam menjalankan aktifitasnya, peran serta dan dukungan semua pihak juga sangat dibutuhkan guna kelancaran bersama dan paket ini gratis dari pemerintah dan bisa membantu menolong perekonomian nelayan,” terang Subandiono Kabid Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cilacap.

Juga di usulkan tahun berikutnya Konverter Kit Varian ll dan lll berupa Pompa Air untuk Petani,” tambahnya.

Baca Juga :   Bupati Batu Bara Tegaskan Penlok Kilang Minyak Akan Segera Diterbitkan

Acara tersebut turut dihadiri Indra dari Pertamina, Danramil 10/Gandrungmangu Kapten Inf. Marjono, Babinsa Serka Sutrisno, Aiptu Iswanto Polsek Gandrungmangu, Supriyo Kades Cisumur, Tim Penyuluh dan Perwakilan Nelayan serta Oktrin Wuri Agil Lukito Timsus Sugeng Suparwoto Dapil Vlll.

Acara diakhiri tanya jawab dan ramah tamah, kegiatan dibagi menjadi 2 sesi dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

#(Sugeng.S/S. Wahyudin)