Sempat Terjadi Polimik Soal Jalan Lingkar Obi, Ini Upaya Bupati Halsel Usma Sidik

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com — Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Hi. Usman Sidik, pada Kamis (25/7/2021) siang tadi, menggelar pembahasan bersama dengan Pihak Harita Nickel dan Pihak Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) dalam rangka mindaklanjuti permasalahan Pembangunan Jalan Lingkar kepulauan Obi.

Menurutnya, dirinya akan terus melakukan terobosan dan upaya untuk berkoordinasi dengan pihak PT. Harita Nikcel dan BPJN untuk menindaklanjuti progres pekerjaan jalan lingkar Obi yang saat ini suda mulai berjalan.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Usman Sidik didampingi Dandim 1509 Labuha, Letkol. Inf. Untung Prayitno dan Kapolres Halsel, AKBP. Muhammad Irvan S.I.K. pada saat konfrensi pers yang digelar di ruang rapat kantor Bupati Halmahera Selatan Maluku Utara.

Diketahui, dengan adanya permasalahan tersebut, sehingga sempat menimbulkan polemik dan gerakan massa aksi di beberapa hari lalu.

“Tadi kita sudah bertemu dengan petinggi Harita Nickel dan pihak BPJN dan sudah bicarakan bersama bahwa, polemik jalan strategis nasional di Obi telah disepakati Pemda Halsel dengan Harita Nickel, bahwa mereka telah siap menanggung dari segi perencanaan dan segala hal dalam progres pekerjaan jalan,” Kata Bupati Halsel.

Foto Istimewa: (Hum)

Orang nomor satu di halsel itu mengatakan, dengan kesapakatan antara Pemerintah daerah Pemda Halsel dan PT Harita Group serta BPJN, maka surat Harita dengan nomor 171 tidak digunakannya.

“Tapi hanya ada sedikit perubahan di Site dimana akan dibuat tailing oleh pihak Harita, tetapi badan jalan di pesisir tidak ada perubahan sama skali dan progres pekerjaan akan segera dilanjutkan,” Ujarnya.

Selain itu, Bupati Usman mengakui Pertemuan dengan pihak Harita Nikcel suda menyampaikan dan bersih keras soal perubahan Site sepenuhnya dan konsekuensi soal anggaran akan ditanggung oleh pihak Harita Group.

“Alhamdulillah PT. Harita group sudah terima dan pekerjaan jalan lingkar Pulau Obi tetap dilaksanakan sesuai kesepakatan awal tidak ada perubahan,” Tandas Bupati dihadapan puluhan wartawan.

Usman Sidik juga berharap agar tidak ada lagi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat lingkar tambang pulau Obi, sehingga proses pekerjaan jalan dapat berjalan dengan lancar.

“Saya berharap kepada masyarakat Obi agar tetap tenang dan bersabar, karena sudah ada kesepakatan bersama dari petinggi Harita Nikcel dan pihak BPJN agar jalan lingkar Pulau Obi tetap berjalan,” Harapnya.

Bupati kembali menegaskan, Menyangkut dengan perubahan itu hanya di site saja, tetapi konsekuensi soal anggaran itu sepenuhnya menjadi tanggungjawab oleh pihak Perusahaan PT. Harita Nickle, bukan pihka Balai dan juga Pemda Halsel.

“Jadi sepenuhnya suda menjadi tanggungjawab Pihak Harita Nickel, bukan lagi Pemda dan Pihak Balai, itu suda disepakati pada saat rakor,” Tegas Bupati Halsel itu. (Red)