Pjs Bupati Christiano Talumepa Saksikan Penandatangan NPHD Rumah Ibadah di Boltim

  • Whatsapp
Pjs Bupati Christiano Talumepa Saksikan Penandatangan NPHD Rumah Ibadah di Boltim - PilarAktual.com

Boltim, PilarAktual.com – Tahun Anggaran 2020 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), mengalokasikan anggaran sebesar Rp 440 Juta untuk 22 rumah ibadah Masjid maupun Gereja di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Boltim Drs. Hamdi Egam melalui press rilisnya, Jumat (13/11/2020). “Hari ini dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk rumah ibadah mesjid dan gereja berlangsung di aula lantai 3 kantor bupati,” tulisnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dijelaskanya, NPHD tersebut ditanda-tangani Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Daerah Provinsi Sulut Melky Matindas,SE,MAP bersama Imam dan Pendeta sebagai penerima. Setiap rumah ibadah mendapat Rp 20 juta.

“Untuk 5 rumah ibadah sudah disalurkan karena sudah lengkap administrasinya, sementara 17 rumah ibadah lainnya sedang berproses,” tambahnya.

Hamdi mengatakan, acara penanda-tanganan NPHD ini disaksikan langsung Pjs. Bupati Boltim Christiano E. Talumepa, SH,MSi. Sebab itu dalam sambutanya, menyampaikan apresiasinya kepada tim dari Pemprov Sulut karena telah memberikan perhatian terhadap bidang keagamaan di Boltim dalam hal ini bantuan rumah ibadah.

“Penyaluran bantuan ini tentu didasari dengan proposal dari pengurus mesjid atau gereja kepada Gubernur Sulut,” pungkasnya.

Talumepa pun menjelaskan, sebagai Pjs. Bupati ia berkewajiban memimpin pelaksanaan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

“Kalau bicara pemerintahan maka didalamnya ada keagamaan dan saya melihat banyak rumah ibadah dalam proses pembangunan atau renovasi dan ini merupakan starting point, awal dari pemerintah provinsi memberikan bantuan untuk rumah ibadah. Jadi dana ini bisa digunakan sesuai kebutuhan. Kedepan akan ada lagi dari Pemerintah Provinsi,” jelas Talumepa yang juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulut.

Pada bagian lain, Pjs Bupati kembali menitipkan pesan kepada Imam dan Pendeta, tokoh-tokoh agama agar menghimbau kepada umat dan jemaat untuk ikut berpartisipasi menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Berikanlah pemahaman kepada jemaah muslim atau kristen untuk berpartisipasi mengsukseskan Pilkada dengan aman dan damai. Karena bapak ibu adalah teladan untuk umat,” tutupnya.

Sementara itu, hadir dalam kegiatan tersebut yakni; Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Priyamos, SH. MM, Kepala Badan Keuangan Kabupaten Boltim Wiwiek Buhari, SE. Kepala Bagian Kesra serta tokoh-tokoh agama muslim dan Kristen di Kabupaten Boltim.

Penulis: Fhersa

Pos terkait