JAKARTA, PilarAktual.com – Dalam rangka menindaklanjuti pelaksanaan seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Tilawatil Qur’an, biro Kesra Provinsi Maluku Utara (Malut) dan Kakanwil Agama Malut sambagi Direktur Penerangan Agama Kementerian Agama Republik Indonesia (RI).

Pertemuan ini di pusatkan di Kantor Kementerian Agama Ri, Rabu (15/7/2020) di Jakarta. Dalam pembahasan terkait persiapan pelaksanaan dua even tersebut, dimana kompetisi ini yang akan diselenggarakan untuk menyiapkan bibit unggul perwakilan Indonesia untuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional nanti.

Kepala biro Kesra Maluku Utara Dihir Bajo kepada wartawan melalui via WathsApp mengatakan, terdapat adanya perbedaan antara STQ dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), meskipun keduanya sama-sama kompetisi tilawah tingkat nasional.

Baca Juga :   Kapolres Batu Bara Bersama KSJ Beri Bantuan Seng Dan Kursi Roda

Dalam pertemuan itu juga, direktur penerangan binmas Islam,H,A ,juraidi menyampaikan, untuk kesiapan panitia nasional nanti di bentuk untuk persiapan kerja-kerja ektas STQ Nasional.

” Initinya panitia nasional sudah siap bekerja dalam menyambut STQ tingat Nasional pada 2021 mendatang”, ujar Karo Kesra.

Maksud tujuan STQ ini, untuk mencari bibit unggul yang akan menjadi perwakilan Indonesia yang akan diikutkan dalam gelaran MTQ internasional. Baik dari segi sistem kompetisi, juga terdapat ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya,” sebutnya.

Menurutnya, Pelaksanaan MTQ ini akan di pusatkan di Kota Maba Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) pada tanggal 24 Agustus tahun 2020 pekan depan.

Kegiatan MTQ ini akan di bukan oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba. Untuk kesiapan sudah mencapai 90 persen. Bahkan Bupati Halmahera Tengah, Edy Langkara juga sudah merespon dan siap menjadi tuan rumah.

Baca Juga :   Bupati Batubara Buka MTQ Tingkat Kecamatan

“ Pak bupati sudah siap dan mendukung Kabupaten Halteng sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi,” jelasnya.

Semetara untuk STQ tingkat nasional, Maluku Utara dinilai memenuhi syarat sebagai tempat penyelenggara STQ tingkat Nasional XXVI tahun 2021. Olehnya itu Kementerian Agama Republik Indonesia RI resmi menetapkan Maluku sebagai tuan rumah STQ.

Selain itu, SK penetapan pelaksanaan STQ Nasional di Provinsi Malut diserahkan langsung oleh Direktur Penerangan Agama Islam, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Dr. Drs. H. Juraidi, M.A. dan diterima langsung Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba di kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Selasa (14/7/) kemarin.

Dirinya pun menambahkan, SK penempatan lokasi STQ diterima langsung Gubernur Malut. Rencana puncak kegiatan dilaksanakan di bulan Juli tahun 2021 mendatang.

Baca Juga :   MIMBAR Gelar Pertemuan Di Taman Kudoci Marendal

“ SK penetapan STQ Nasional Pak gubernur yang terima langsung di kantor kementerian Agama,” Tandasnya.  (Tam/red)