Pemukiman Warga Desa Sidamulya Terendam Banjir, Sertu Supir Cek Lokasi

0
17

PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Sejumlah rumah warga di Dusun Margodadi, RT. 05 RW. 07, Desa Sidamulya, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap diketahui terendam banjir dengan ketinggian antara 30 sampai 50 cm. Kondisi ini terjadi karena dampak intensitas hujan yang tinggi, yang mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa hari ini, Selasa (15/12).

Terkait hal tersebut, Babinsa Koramil 16 /Wanareja, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Supir langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengecek langsung kondisi nyata wilayah binaanya yang terendam banjir.

Benar saja saat dirinya bersama Kapala Dusun (Kadus) Mergodadi Cawad dan pihak BPBD Arif meninjau Dusun Mergodadi kondisinya sudah tergenang air. Tak pikir panjang la langsung melakukan pengecekan ke seluruh wilayah dan melakukan pendataan baik warga maupun materil, sarana prasarana dan pemukiman yang mengalami kerugian dampak banjir.

Baca Juga :   Saat Berbagi Makanan, Ketua TP PKK Batu Bara Ingatkan Masyarakat Agar Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Dia menjelaskan banjir yang menggenangi warga Desa Sudamulya khususnya Dusun Mergosari memang belum begitu dalam hanya berkisar setinggi 30 cm. Namun demikian hal ini jangan dianggap remeh, karena faktanya banyak warga khususnya para petani yang merugi akibat banjir ini.

“Dari data yang kami himpun, banjir telah merendam sebagian rumah warga yang posisinya lebih rendah, adapun banjir merendam areal pertanian warga dengan kerugaian materiil diperkirakan mencapai Rp 45.000.000,- Dengan rincian ternak ayam Rp.5.000.000,- tanaman padi sebesar Rp.30.000.000,- dan tanaman polowijo sebesar Rp.10.000.000,- jelasnya.

Saat ini pihaknya bersama pemerintah Desa Sidamulya dan Forkopincam Wanareja terus melakukan monitoring perkembangan banjir untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar yang berpotensi menimbulkan kerugian baik personel maupun materil.

Baca Juga :   TNI Kembali Salurkan 4.000 APD Untuk Penanganan Covid-19 Di Maluku Utara

“Hingga saat ini, kami belum menemukan adanya kerugian personel, ini kabar baik kita patut bersyukur warga dalam keadaan aman. Namun demikian dalam musim penghujan seperti saat ini kita harus waspasa dan tanggap bencana apabila memang diperlukan, kita harus mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tandasnya.

#(Sugeng.S/Urip)