Pelantikan IPMBB, Elfi Haris : Jadi Agen Of Change Kita Harus Berkontribusi

  • Whatsapp

MEDAN, PilarAktual.com – Pelantikan pengurus komisariat Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa (PK IPMBB) Universitas Negeri Sumatera Utara (USU) Periode 2020 – 2021 digelar di Aula FMIPA USU, Sabtu (29/2/2020)

Acara itu dihadiri oleh beberapa PK IPMBB lainnya, seperti PK IPMBB UINSU, PK IPMBB UNIVA, dan juga PK IPMBB UNA, serta Organda (Organisasi daerah) yang ada di USU lainnya seperti, IMIB (Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol), dan KMJ (Keluarga Mahasiswa Jabodetabek). Pengurus Besar ikatan pemuda pelajar mahasiswa Batu Bara ( PB. IPMBB )

Bacaan Lainnya

Selain itu, Senioren dan Alumni IPMBB USU juga hadir diacara Pelantikan itu.
Diantaranya,  H.Elfi Haris SH, M.Hum (Kepala Bea Cukai Kualanamu), Prof.Dr. Ilmi Abdullah M.Sc (Direktur KIM Medan) dan abangda Suriadi SH.

Pelantikan Pengurus komisariat Ikatan pemuda pelajar mahasiswa Batu bara Sumatera Utara (PK IPMBB USU)  yang dilantik oleh pengurus besar.

Mewakili Pengurus Besar PB. IPMBB, Faruq Widjan, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa IPMBB sebagai wadah Silahturahmi Mahasiswa, Pemuda pelajar Batu bara di tanah rantau khusus nya IPMBB USU harus bisa menjadi wadah Perkumpulan dan silahturahmi mahasiswa Batu Bara USU.

” Sebagai mahasiswa jadikan wadah ini sebagai laboratorium tempat berkarya dan ikut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah, “Ujar Faruq

Sementara, Ketua terpilih PK IPMBB USU, Atala Sungguh Darmawan, menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya pelantikan PK IPMBB USU pada hari itu, Menurutnya, IPMBB adalah tempat bagi para mahasiswa asal Batu Bara yang sedang menuntut ilmu di Universitas Sumatera Utara untuk menjalin kekeluargaan, berkarya, berkreativitas, berinovasi, dan tentunya dilakukan demi kemajuan tanah kelahiran.

” Saya menekankan kepada para kawan kawan pengurus yang telah dilantik agar dapat bekerja sama dan juga dalam menjalankan roda organisasi ini, saya harapkan agar kita selaku PK IPMBB USU dapat menjalankannya dengan beracukan sikap yang baik, bukan beracukan dengan sikap yang benar. Karena ternyata sikap baik berada diatas sikap benar. Karena sikap baik terdapat kebijaksaan dan juga kami PK USU berharap bimbingan dari senioran- senioran dan kerja sama dan pengurus komisariat lain dan juga organda lain yang ada dikawasan USU. semoga kita bisa bekerja sama dalam membangun IPMBB USU dan bekontribusi besar dalam IPMBB ini. inilah wadah kita untuk kampung halaman yang sejahtera berjaya” Kata Atala Sungguh Darmawan.

Adapun PK IPMBB USU beranggotakan 45 orang yang teridiri dari 7 bidang diantaranya : Ketua Komisariat: Atala Sungguh Darmawan, Sekretaris Komisariat: Rauda Roziqa
Bendahara Komisariat: Syifa Hulwana
Ketua Harian: Aidil Adha

Adapun bidang bidang nya terdiri dari:
Bidang Kaderisasi dan Pengembangan Masyarakat, yang diketuai oleh Muhammad Alfarezzi, beserta jajarannya. Bidang Penelitian dan Pengembangan, yang diketuai oleh Riyan Hidayat, beserta jajarannya.
Bidang Hubungan Masyarakat, yang diketuai oleh T. Arrafi Syahmi, beserta jajarannya. Bidang Seni dan Olahraga, diketuai oleh R. Langga Rizky, beserta jajarannya. Bidang kewirausahaan , yang diketuai oleh Muhammad Aria Sitorus, beserta jajarannya. Bidang Pemberdayaan Keperempuanan, yang diketuai oleh Sarmilah Aini, beserta jajarannya. Bidang Kerohanian, yang diketuai oleh Maratua Sholihuddin, beserta jajarannya.

Acara Pelantikan PK IPMBB USU juga mengadakan agenda Talkshow. Dengan tema “Peran Pemuda Rantau sebagai Agen of Change Menuju Kampung Halaman Sejahtera Berjaya”. Yang diisi oleh H.Elfi Haris SH, M.Hum dan Prof.Dr. Ilmi Abdullah M.Sc sebagai Pembicara di agenda Talkshow tersebut.

“ kalau kita ingin menjadi sosok Agen of change, kita harus berkontribusi dan berpartisipasi dimana diantaranya mencakup kemampuan, tau apa yang diperlukan atau kebutuhan, dan menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi.” Ujar H. Elfi Haris saat ditanyakan mengenai bagaimana peran pemuda rantau sebagai agen of change untuk kampung halaman.

Hampir serupa dengan H. Elfi Haris, Prof. Dr. Ilmi menerangkan bahwa “ selain harus memiliki yang disebutkan oleh H.Elfi Haris, kita juga harus tau apa kualitas dalam diri kita. Bagaimana cara menimbulkan kualitas dalam diri kita yang nantinya akan kita kelola untuk kampung halaman kita.agar kualitas diri juga berguna untuk orang lain terutama untuk kampung halaman”. Ujarnya .

Acara ditutup dengan pembagian sertifikat dan bingkisan kepada pembicara oleh ketua terpilih Atala Sungguh Darmawan dan ketua panitia yaitu T. Arrafi Syahmi. Dan foto bersama. Acara dimulai dari jam 10.00  s/d 14.30 WIB. (SDS)