KUBU RAYA,Pilaraktual.com- Musdes Khusus Validasi,Finalisasi dan penetapan calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT DD)di Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap, Kamis(5/6/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut,Irwansyah SP.Tenaga ahli pembangunan partisipatif KKR
Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa kementrian desa,Kepala Dinas kesehatan atau yang mewakili, TA,PD,PLD,Kepala desa Punggur Kecil,Ketua BPD,dan wakil.PBD.desa Punggur Kecil,anggota dari Polsek Sungai Kakap,Babinsa desa Punggur Kecil,Tokoh Masyarakat,Pemuka Agama,LKD,RT,Perwakilan Perempuan dan Tamu undangan lainnya.

Kepala desa Punggur kecil Adi kusuma jaya dalam arahannya menyampaikan,Musdes Khusus yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian tahapan yang telah dilakukan oleh desa. Dimana Kades selaku penanggungjawab dalam tim relawan Pencegahan mewabahnya covid 19.

“Sebelumnya Tim Rewanawn Covid-19.telah melakukan pendataan satu minggu yang lalu dari tangal.(11/5),sampai dengan tanggal (28/5).untuk melakukan pendataan berbasis RT.diwilayah desa Punggur Kecil,Sehingga data yang telah ada merupakan orang yang masuk kategori miskin yang belum masuk dalam data base DTKS.

Baca Juga :   Irjen Pol Didi Haryono :“Masyarakat Yang Gemar Membaca, Adalah Masyarakat Yang Bergerak Maju"

Hari ini adalah agenda validasi, finalisasi dan sekaligus penetapan data,yang mana sumber data yang akan di sepakati tersebut ada dua yaitu data DTKS dan Data hasil tim melakukan pendataan beberapa waktu yang lalu.”Katanya.

“Adi Kusumajaya Kepala desa Punggur Kecil menegaskan,bahwa kedua sumber data ini harus benar benar dan disepakati sesuai juknis yang telah dikeluarkan Kementerisner Desa bahwa calon penerima BLT DD ini masuk kategori;
a.Bukan penerima PKH
b.Bukan penerima BPNT
c.Bukan penerima kartu pra kerja
d.Bukan penerima Bantuan Sosial Tunai(BST)dri kementerian sosial.

Adapun yang berhak menerima kelak Syarat syaratnya yang pertama
adalah,Orang miskin yang kehilangan mata pencaharian akibat covid-19,Dalam keluarga mereka ada yang mengidap penyakit kronis/menahun

Baca Juga :   Polda Kalbar Gelar Rapid Test Massal Selama 2 Hari

Yang kedua warga miskin perempuan.yang di perkuat sebagai kepala keluarga di rumah tangganya,para janda janda.

Yang ketiga keluarga miskin bagi warga yang sudah di berhentikan seperti tukang yang tidak bekerja lagi penjaga toko,dan yang lain lain tapi ada sistimnya

Alhamdulillah dari yang kita target kan sebanyak 265 Kepala keluarga(KK)sampai hari ini kami masih mengimput data karna kami masih perlu masukan masukan dari masing masing Ketua RT.takut ada warganya ketinggalan waktu pendataan kemaren.”Jelasnya

“Adi Kusumajaya berharap jangan sampai masih ada orang miskin yang terlupakan pada saat pendataan oleh tim relawan dan juga tidak masuk dalam data DTKS,maka masih besar peluang untuk dimusyawarakan sekarang,Jangan sampai dikemudian hari ada warga desa Punggur Kecil yang merasa miskin namun tidak terfasilitasi Sehingga menimbulkan masalah dikemudian hari.”harapnya.

Baca Juga :   DPD PDI Perjuangan Kalbar Serahkan Paket Sembako kepada Wartawan

Yang hadir hari ini adalah tokoh- tokoh masyarakat,pemuka agama dan perwakilan perempuan,agar apa yang dihasilkan dan ditetapkan bersama dalam musyawarah ini ikut mensosialisasikan kepada warganya.jangan sampai ada pandangan di masyarakat kelak bahwa BLT DD itu hanya kepala desa yang ngatur,itu yang kita khawatirkan.

Diakhir pengarahannya, Adi Kusumajaya menegaskan kembali,dikeluarkannya aturan dari kementerian Desa berupa juknis pendataan penerima BLT DD dan disusul dengan penegasannya serta Surat Edaran Bupati tentang pedoman pelaksanaan bantuan langsung tunai DD benar benar di pedomani bersama.

“Sehingga target penyaluran (BLT/DD)bisa terlaksana sesuai surat terkahir dari Kementerian Desa tgl 27, april 2020 yang mengharapkan desa bisa menyalurkan BLT DD selambatnya minggu I mei 2020 untuk alokasi bulan april”.Ujar Adi Kusumajaya.(Rudi)