Mahasiswa UINSU Pererat Silaturahmi Sekaligus Mengabdi di Desa Gongsol Berastagi

  • Whatsapp

KARO, PilarAktual.com – Berastagi Desa Gongsol Kec. Merdeka Kab. Karo menjadi lokasi pengabdian masyarakat Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) 5 A Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 16 Januari 2020 sampai 20 Januari 2020. Perwakilan kepala jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah, Mar’ie Mahfudz Harahap, MH memberikan pengarahan sebelum pelepasan mahasiswa yang terdiri dari 12 pria dan 24 wanita, ia mengatakan “Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan menambah pengalaman hidup ditengah tengah masyarakat karena mahasiswa akan berperan penting terhadap kualitas masyarakat”.

Pengarahan sebelum berangkat juga disampaikan oleh ketua pengabdian masyarakat Sahrun Ali Harahap kepada rombongan bahwa ketika berada di sebuah otoritas orang lain maka berlaku pribahasa dimana bumi dipijak, Disitu langit dijunjung.

Bacaan Lainnya

Dalam memeriahkan kegiatan pengabdian masyarakat, bidang acara membuat sejumlah perlombaan seperti lomba menghafal pancasila, lagu nasional, Tarik tambang, Balap karung, Estafet dan membuat kerajinan tangan.

Selain itu diadakan juga pengecekan golongan darah gratis bagi masyarakat sekitar desa gongsol.Tercatat 55 warga Gongsol hadir untuk memeriksa golongan darah mereka, dan hasil data yang dikumpulkan terdapat 130 anak anak desa Gongsol antusias mengikuti perlombaan yang diadakan pada tanggal 17 Januari 2020. Disore hari dilakukan kegiatan sosial gotong royong membersihkan sekitar Desa Gongsol bersama masyarakat Gongsol.

” Saya sangat senang karena perlombaan ada hadiah piala nya dan tidak dipungut biaya,” Kata Valenta anak dari warga Gongsol.

Dilihat secara garis besar masyarakat desa Gongsol mayoritas berpropesi sebagai petani baik itu cabai, Tomat, Jagung dan lainnya. Hal ini dikarenakan lokasi yang dekat dengan pegunungan sehingga suhu udara membantu perkembangan tanaman tumbuh dengan baik. Dipimpin oleh penyampai materi Aidil Harbi Ritonga,Rombongan memberikan ilmu seputar bercocok tanam sistem hidroponik (19/01/2020). Ini akan menjadi peluang besar dalam dunia usaha ketika tidak memiliki lahan luas ketika bercocok tanam.

Acara ini menjadi sorotan di sekitar Gongsol dan membuat masyarakat sangat antusias menghadirinya.
Saat penutupan acara Sahrun Ali Harahap memohon maaf kepada kepala desa Gongsol Syahmidun jika terjadi kekeliruan selama rombongan hadir didesa tersebut. Dia menerangkan, Hadirnya rombongan pengabdian masyarakat Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) 5 A disambut hangat bahkan masyarakat sekitar mengajak rombongan ikut dalam memanen beberapa tumbuhan milik mereka.

“ Kami juga sangat bangga kepada mahasiswa UINSU yang menjunjung tinggi silaturahmi dan menyebarkan semangat inspirasi kepada anak anak Gongsol, ”Kata kepala desa Gongsol.
Beliau berharap pertemuan ini tidak berakhir begitu saja, Silaturahmi harus terus berjalan. (SDS)