Tutuyan, PilarAktual.com – Guna mengantisipasi krisis pangan yang berkepanjangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pencanangan gerakan tanam di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD)) dalam situasi Pandemi Corona Virus Deaseas (Covid-19), di lahan pertanian Dinas Pertanian, Jumat, (5/06/2020).

Kegiatan ini dipimpin Bupati Boltim Sehan Landjar, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, para Asisten, Kepala Dinas Pertanian serta Kapolres Boltim Irham Halid, SIK. Pencanangan gerakan tanam OPD dengan beragam tanaman yang ditanam di antanya umbi-umbian hingga cabai.

Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan, gerakan tanam tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan cadangan pangan.

Tidak hanya para OPD seluruh ASN. Tapi lebih khusus masyarakat yang memiliki lahan kosong juga diimbau untuk memulai menanam untuk kebutuhan cadangan pangan selama Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :   Polres Minsel Terima 24 Siswa Pembentukan Bintara Polri Tugas Umum SPN Polda Sulut

Lanjut kata Bupati, sesuai surat edaran Menteri Pertanian RI tentang antisipasi terjadinya krisis pangan bertanggal 28 Mei 2020, Boltim satu-satunya daerah yang terlebih dahulu melaksanakan apa yang tertera dalam surat edaran melakukan gerakan tanam.

“Jadi hanya Boltim yang terlebih dahulu melaksanakan gerakan tanam untuk mngantisipasi krisis ekonomi saat oandemi Covid-19, dan saya rasa jangan hanya SKPD dan ASN, seluruh masyarakat harus mukai menanam,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan gerakan tanam OPD bertujuan untuk mengajak dan merangsang masyarakat turut serta untuk bersama-sama melaksanakan penanaman komoditi lokal untuk mencegah terjadinya kelangkaan bahan makanan dan krisis pangan.

“Tujuan lainnya agar tersedia bahan makanan bagi masyarakat Boltim berkualitas dan seimbang dalam kebutuhan gizi masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, Pemda Boltim dan DPRD Rasionalisasi Perjalanan Dinas

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian R Setiono memeberikan suport penuh kepada Bupati Sehan Landjar yang turut mengajak dan melaksanakan gerakan tanam OPD Boltim.

“Tepat di hari menanam sedunia, Boltim bersejarah satu-satunya daerah yang melaksanakan gerakan tanam dalam rangka mengantisipasi krisis ekonomi saat pandemi Covid-19,” ucapnya.

Kegiatan bertepatan dengan hari menanam sedunia tersebut juga dihadiri Ketua KNPI Boltim Amalia Landjar, para pimpinan OPD, ASN hingga THL di lingkup Pemkab Boltim. Selain itu Kegiatan ini diikuti sejumlah kelompok masyarakat tani, ormas hingga para pemuda di Boltim. (Adv/Fhersa)