BATU BARA, PilarAktual.com – Dalam menyambut hari ulang tahun Kabupaten Batu Bara yang Ke- 14 bertepatan pada tanggal 8 Desember Tahun 2020, Komunitas Penggiat Budaya Melayu Batu Bara menggelar acara lomba foto bertengkuluk dalam event festival Tengkuluk Batu Bara Tahun 2020 episode I (Pertama) secara online mengingat suasana saat ini masih dalam situasi Pandemi COVID-19, maka acara harus disesuaikan mematuhi Protokol kesehatan.

Menurut Muhammad Nurdin pembina Komunitas Penggiat Budaya Melayu Batu Bara sekaligus Pendiri Usaha Tengkuluk Serawak Batu Bara mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai partisipasi HUT Batu Bara dan syiar budaya agar bertengkuluk dapat menjadi budaya kearifan lokal di Batu Bara sehingga akan berdampak sebagai jati diri bagi Masyarakat Batu Bara.

Baca Juga :   Bahas HUT Ke-73 Bhayangkara, Kapolres Minsel 'Coffee Morning' Bersama Pejabat Utama

” Sehingga dikenal bahwa Batu Bara merupakan negeri melayu, begitu juga dapat menimbulkan pengrajin pengrajin tengkuluk dan pedagang pedagang tengkuluk maka terciptalah Industri tengkuluk di Batu Bara yang akhirnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” tutur Muhammad Nurdin kepada wartawan, Minggu (22/11/2020) di Tanjung Tiram.

Ia menjelaskan, Lomba foto bertengkuluk dalam festival tengkuluk Batu Bara episode pertama ini terbuka untuk umum bagi masyarakat Batu Bara dan segala umur.

Ditempat yang sama, Ketua panitia pelaksana menyampaikan, Acara dilaksanakan mulai tanggal 23 November s/d 5 Desember 2020, cara mendaftar dengan memposting foto bertengkuluk anda disalahsatu facebook Hisyam Al Amsyal Ritonga atau Muhammad Nurdin dan Linkan ke Group WA Festival Tengkuluk Batu Bara.

Baca Juga :   Panwascam Galela Selatan Siap Rekrut Pengawas Desa

” Pengumuman pemenang pada tanggal 8 Desember 2020 serta pemberian hadiah pada tanggal 17 Desember 2020 di Yayasan Pendidikan As’adi Labuhan Ruku bagi pemenang 1, 2 dan 3 akan di beri sertifikat, Medali, Tropy, Tengkuluk dan hadiah hiburan,” ungkap Hisyam ketua pelaksana bertengkuluk didampingi sekretaris IIn Arpandi Siregar.

Sementara, Sofyan Hamdan, SPdi, selaku penasehat menyambut baik acara ini dengan harapan agar budaya melayu dapat berkembang kembali di Bumi Batu Bara ini.

Senada disampaikan pengrajin Tengkuluk Hilwa, Muhammad Rudi dan Alam Tengkuluk Tuan Haura Syah menyambut baik terselenggaranya acara ini dan semoga acara ini dapat berjalan dengan sukses tanpa ada hambatan suatu apapun.

Kegiatan ini didukung oleh riNI, Rumah Kreatif GM Batu Bara, Tengkuluk Serawak Batu Bara, Tengkuluk Setia Deli, Desain Degital IAS, Semulara, Yaspen As’adi, Alam Tengkuluk dan Hilwa Tenun. (HSR)

Baca Juga :   GMIM "Imanuel" Pinapalangkow, Gelar Kebaktian Penyegaran Iman