PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Dalam rangka meningkatkan kemampuan Babinsanya, Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan (Katpuan) Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) Tersebar Tahun 2020 yang mengambil tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial pada Tatanan Kehidupan Baru (New Normal)”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial Kodim ini, dilaksanakan dalam 5 hari, mulai hari senin sampai dengan Jumat (9 – 13/11/2020) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, bertempat di Aula Satya Kartika Kodim, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Pengawas Pelaksanaan Kegiatan (Waslakgiat) dari Korem 071/Wijayakusuma yang dipimpin Mayor Inf Saing, S.Ag, Perwira Staf Makodim, Danramil jajaran dan perwakilan Babinsa dari masing-masing Koramil jajaran.

Baca Juga :   Oky : Musrenbang Bertujuan Untuk Masukan Penyusunan RKPD

Dalam sambutan Komandan Kodim 0703/Cilacap yang disampaikan Kasdim mengatakan Kodim merupakan bagian dari Satuan Pelaksana dan sebagai ujung tombak pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah.

Selain melaksanakan tugas pokok juga bertugas menyelenggarakan
pembekalan pelatihan bagi prajurit. Untuk dapat meningkatkan kemampuan Apkowil maka diselenggarakan kegiatan Program Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar.

“Beberapa materi yang disajikan dalam forum ini antara lain Sikap Teritorial, Metode Binter, Sisrendal Binter. Ketatalaksanaan Binter, Medsos dan Hoaks, Pengetahuan Covid- 19, Kesehatan Masyarakat, Netralitas TNI dan Komunikasi Massa dan materi terkait lainya,” kata dia.

Dengan ditetapkannya Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai salah satu fungsi utama TNI -AD dalam Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, maka diperlukan adanya berbagai upaya untuk pemantapan pelaksanaan fungsi Binter, salah satu upaya pemantapan pelaksanaan fungsi Binter sebagai fungsi utama ditempuh dengan meningkatkan kemampuan Binter kepada khususnya para Babinsa
sebagai ujung tombak pelaksana Binter di setiap desa maupun kelurahan.

Baca Juga :   Sejuta Nelayan Berdaulat sosialisasi ke Dua Desa

“Dengan terlaksananya kegiatan
diharapkan nantinya dapat membekali serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Babinsa dalam pelaksanaan Binter sehingga diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan dalam mendeteksi, mengenali, menganalisa serta mengambil tindakan terhadap perubahan dan perkembangan dinamika di wilayah guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh,” harapnya.

#(Sugeng.S/Urip)