Kapolres Minsel Pimpin Langsung Pengamanan Debat Publik Peserta Pilkada Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati - PilarAktual.com

Minsel, PilarAktual.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan menggelar Kampanye Debat Publik Pertama Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Tahun 2020, yang dilaksanakan di Mercure Manado Tateli Beach Resort, Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Kamis siang (12/11/2020).

Debat Publik yang merupakan bagian dari agenda tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati/Wakil Bupati Minsel ini, dan ditayangkan live oleh Kompas TV; dihadiri oleh Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 Michaela Elsiana Paruntu, MARS dan Ventje Tuela, S.Sos; Paslon nomor urut 2 Royke Sondakh, SE dan Ir. Andri Harits Umboh, M.Si; Paslon nomor urut 3 Frangky Donny Wongkar, SH dan Pdt. Petra Y. Rembang, M.Th; Komisioner KPU Minsel; Komisioner Bawaslu Minsel; juga para pendamping Paslon.

Baca Juga :   Pastikan Jajaran Bebas Covid-19, Bawaslu Boltim Laksanakan Rapid Test

Acara Debat Publik bertujuan untuk menyebarluaskan profil, visi dan misi, serta program kerja para Paslon Bupati/Wakil Bupati Minsel kepada Pemilih dan masyarakat, memberikan informasi secara menyeluruh kepada Pemilih sebagai bahan pertimbangan Pemilih dalam menentukan pilihannya.

Debat Publik ini dipandu oleh moderator, Liviana Cerlisa, dengan mengusung tema : “Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota dan Propinsi dengan Nasional; Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan; serta Kebijakan Penanganan, Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Materi debat mengacu pada PKPU Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Pemilu, juga memuat Kebijakan dan Strategi Penanganan, Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 serta Penanganan Narkoba.

Debat dibagi dalam 6 (enam) segmen yakni Penyampaian visi misi Paslon Cabup/Cawabup Minsel; Pendalaman visi misi, moderator mengajukan pertanyaan kepada Paslon; Paslon mengajukan pertanyaan pada Paslon lain terkait Visi/Misi; Debat atau tanya jawab Paslon dalam 2 (dua) segmen; dan segmen terakhir ‘Closing Statement’ para Paslon.

Baca Juga :   Kajati Malut, Perintahkan Asintel dan Kasih Pengkum Proses Lanjut DD Orimakurunga

Pengamanan kampanye debat publik ini dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon, SIK, melibatkan ratusan personel jajaran Polres Minsel, diback up oleh personil Sat Brimob dan Personil Direktorat Pam Obvit Polda Sulawesi Utara yang dipimpin Direktur Pam Obvit Kombes Pol. Amin Litarso, SH.

“Konsep pengamanan terbuka didukung kegiatan dari unsur intelijen, dengan tetap mengedepankan pemberlakuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ungkap Kapolres Minsel.

Terpantau, kegiatan Kampanye Debat Publik Tahap I Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Tahun 2020 berakhir pkl. 16.00 wita, dalam keadaan lancar, tertib dan kondusif.

Penulis: HPM/Heisye Lumenta