Pontianak,PilarAktual.Com – Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si. memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas 2020 di lapangan Jananuraga Polda Kalimantan Barat pada Kamis (23/7/2020).

Apel Gelar pasukan bertujuan untuk mengecek kesiapan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2020. Turut hadir Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. serta pejabat utama Polda Kalimantan Barat dan seluruh personel yang terlibat dalam operasi.

Operasi Patuh Kapuas tahun 2020 akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan dari tanggal 23 Juli s.d 5 Agustus 2020. Dengan memperhatikan 8 pelanggaran prioritas antara lain: tidak menggunakan helm, berboncengan melibih kapasitas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, kelebihan muatan over dimensi dan penggunaan kendaraan yang menggunakan lampu strobe tidak peruntukannya.

Baca Juga :   Forum Masyarakat Bersatu(FMB) Kubu Raya Berharap Anggaran 24 Milyar Untuk Jenjang Sosial Kemasyarakat Tidak Jalan Di Tempat

Kapolda Kalbar mengatakan permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Terlebih saat ini pemerintah memberlakukan “Adaptasi Kebiasaan Baru” dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), sebagai konsekuensi kita harus tetap mempedomani protokol kesehatan serta dilengkapi dengan alat pelindung diri.

“Saya berharap dalam pelaksanaan operasi ini dilaksanakan secara tematik berdasarkan prioritas pelanggaran yang sering terjadi, berkurangnya jumlah pelanggaran dan laka lantas, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, penggunaan masker dan sosial distancing serta terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman” ucapnya

Ia menambahkan salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

Baca Juga :   Lintas Etnis Kubu Raya lakukan Ini Demi Jaga Kerukunan dan Persatuan Organisasi

Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukan dari kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

“Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh personel yang terlibat. Selamat melaksanakan tugas Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Kapuas 2020, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjuk kepada kita semua sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara serta polri yang kita cintai ini,” tutupnya.(Mia/Polda Kalbar)