Jelang Pam Nataru, Serka Purnomo Berikan Pembinaan Kepada Linmas Desa Nusawangkal

  • Whatsapp

PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Tingkatkan kepekaan dan tugas sebagai pelindung masyarakat di desa binaannya, Serka Purnomo, anggota Koramil 05/Nusawungu memberikan pembekalan dan pembinaan kepada anggota Linmas bertempat di Pendopo Balai Desa Nusawangkal Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Selasa (22/12/20).

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Desa Nusawangkal Muhyono, Sekdes Nusawangkal Ahmad Rifai, Babinsa Serka Purnomo selaku Narasumber, Bhabinkamtibmas Nusawangkal Aiptu Ahmad Fauzin serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa setempat.

Diawal sambutannya, Kepala Desa Nusawangkal Mulyono mengatakan jika salah satu fungsi Linmas adalah Penggerak Pengamanan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu dirinya berharap sebagai anggota Linmas bisa membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna mewujudkan terciptanya situasi yang aman dan kondusif khususnya di wilayah Desa Nusawangkal

“Saya berharap, anggota Linmas nantinya bisa membaur dengan kelompok-kelompok di masyarakat guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif khususnya di wilayah Desa Nusawangkal. Apapun permasalahan yang terjadi di desanya, anggota Linmas harus tahu dan bisa mengamankan,” harap Mulyono.

Sementara dalam pengarahannya, Serka Purnomo menyampaikan bahwa sebagai anggota Linmas harus mengerti dengan tugasnya sebagai pelindung masyarakat dan dalam penanganan permasalahan yang timbul. Ini harus dipahami oleh seluruh anggota Linmas, dalam penanganan permasalahan yang timbul ditengah masyarakat, sebagai Linmas juga harus dengan cara cara kekeluargaan supaya kedepannya lebih baik dan tidak menimbulkan gejolak di kemudian hari,” jelasnya.

Adapun bebeberapa pembekalan yang diberikan oleh Babinsa Serka Purnomo diantaranya tentang Temu cepat lapor cepat yaitu Linmas sebagai badan pengumpul keterangan (Bapulket) sehingga apabila ada kejadian bisa segera dilaporkan baik kepada Babinsa, ke pihak Polsek dan Kecamatan, dengan cepat dalam menindak lanjuti dan tepat penanganannya.

Ini yang saya harapkan, selain semakin semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat, sebagai Linmas juga harus mampu menciptakan keseimbangan dalam menciptakan ketertiban dan keamanan khususnya di desa Nusawangkal ini,” harap Serka Purnomo.

Linmas sebagai bantuan keamanan selain dibekali bela diri juga dilatih Dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) untuk meningkatkan Kedisiplinan anggota Linmas dan hal tersebut bisa segera diimpkenentasijan dalam mewujudkan situasi Kamtibmas menjelang Perayaan Natal dan Pergantian Tahun Baru 2021,” Pungkasnya.

#(Sugeng.S/Urip)

Pos terkait