Hadiri Festival Kopi Sulut, AMA-UKP Suport Kelompok Tani di Kecamatan Modayag - PilarAktual.com

Manado, PilarAktual.com – Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Amalia Landjar dan Uyun K. Pangalima (AMA-UKP) mensuport kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Modayag, Kabupaten Boltim.

Hal ini dikatakan paslon nomor urut satu saat menghadiri Festival Kopi Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di Grand Kawanua Hotel, Manado, Jumat (20/11/2020).

“Kami suport petani kopi di Desa Liberia, Kecamatan Modayag. Berkat kegigihan dan konsep jitu poktan dalam proses budidaya hingga pengolahan pasca panen, sehingga menghasilkan kopi terbaik di Boltim,” ucap AMA.

Jika terpilih, AMA-UKP berkomitmen, menjadikan Kopi Robusta Modayag sebagai kopi unggulan daerah.

“Apabila masyarakat Boltim mempercayakan kami menjadi pemimpin Boltim selama 5 tahun kedepan, komoditi kopi ini akan menjadi komoditas tidak hanya di daerah ini dan atau antar provinsi se Indonesia, namun bisa di export hingga ke mancanegara,” ujar AMA.

Baca Juga :   Bupati Sehan Landjar Resmi Membuka Kegiatan Musrenbangda Boltim Tahun 2020

Sementara itu, UKP menyebutkan, peminat kopi sangatlah banyak. Sehingga Kabupaten Boltim sangat beruntung memiliki poktan yang lewat inovasinya mampu menciptakan kopi berkualitas.

“Kopi adalah hasil bumi yang berpotensi meningkatkan perekonomian daerah. Selain itu, pemberdayaan masyarakat juga tercipta dengan sendirinya. Kami mendukung penuh pengembangannya dan siap membantu memasarkan prodak ini jika mengantongi suara terbanyak di 9 Desember 2020 nanti,” katanya.

Disisi lain, pendamping poktan Liberia mengatakan, Kopi Robusta Kecamatan Modayag sudah memiliki kualitas yang cukup baik namun masih perlu terus dikembangkan.

“Liberia masuk potensi kopi di Sulut, maka perlu adanya pemberdayaan terhadap petani. Dan festival ini baru sebatas workshop bagaimana cara pengolahan kopi,” pintanya.

Baca Juga :   Video Mesum Kepala Puskesmas dan Bidan, Ini Kata Plt. Bupati Jember

Penulis: Fhersa