Gelar Binmatkum, Kejati Malut Ajak Warga Taat Hukum

  • Whatsapp

TERNATE, PilarAktual.com – Demi untuk mencegah terjadinya tindakan pidana baik kenakalan remaja dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut), pada Selasa (25/08/2020), menggelar Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) yang dipusatkan di Kelurahan Loto, kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate.

Kegiatan penyuluhan dan Penerangan Hukum dengan tema “Kenakalan Remaja dan KDRT” dibuka langsung pak Lurah Loto H. Yusuf Takena dan dihadiri Assisten Bidang Intelijan (Asintel) Kejati Malut Efrianto, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Richard Sinaga serta kordinator, para staf Bidang Intelijen Kejati Malut dan puluhan warga kelurahan Loto.

Bacaan Lainnya

Kepala Kejati Malut Erryl Prima Putra Agoes melalui Asisten Intelijen Efrianto kepada Wartawan mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan Binmatkum ini untuk memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat dan menjauhi hukuman.

“Kita menyampaikan informasi terkait dengan hukum disertai dengan perkembangan aturan-aturan terbaru, sehingga masyarakat bisa mengenali hukum dan berusaha menjauhi hukuman,” ujarnya.

Ia menuturkan, dengan adanya penyuluhan Binmatkum ini, masyarakat Maluku Utara khususnya warga kelurahan Loto dapat mencegah perbuatan Pidana Khususnya kenakalan Remaja dan KDRT.

“Kita berharap kegiatan ini bisa mencegah tindak Pidana kenakalan remaja atau tindak pidana yang pelaku melibatkan anak-anak,” katanya.

Jika dikemudian hari kata Efrianto, instrumen pidana yang melibatkan anak-anak terjadi, pihaknya membuka diri untuk melayani dalam bentuk program Sistem Penerangan Hukum (Sirankum).

“Kegiatan kita ini bentuknya pencegahan, jika sudah terjadi itu instrumennya hukum pidana sudah berjalan, pastinya pihak kepolisian melakukan penyelidikan dan kita di Kejati melakukan penuntutan dan itu berproses, hanya saja pada saat di penuntutan akan kita lihat penyebab orang melakukan tindak Pidana itu apa, namun jika ada yang berkonsultasi, kita punya program Sirankum Kejati Malut secara online, pada program itu silahkan bertanya atau yang bisa didiskusikan, silahkan kita akan melayani dan kita sangat membuka diri,” ujarnya.

Senada dengan itu, kasi penkum Kejati Malut Richard Sinaga menyampaikan, program Binmatkum merupakan agenda tahunan dan ditahun 2020 perdana dilakukan di kelurahan Loto.

“Ini adalah kegiatan penyuluhan yang baru kita lakukan di tahun 2020, kita jadwalkan setahun dua kali, nanti kedepannya akan kita lakukan lagi di tempat berbeda dengan tema atau materi penyuluhan yang berbeda pula, sebagai bentuk upaya pencegahan tindakan melawan hukum,” tuturnya

Sementara itu, Kepala Kelurahan Loto, H. Yusuf Takena menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang dilakukan Kejati Malut di kelurahan Loto.

“Saya selaku lurah mengucapkan banyak terima kasih karna sedianya kelurahan loto menjadi tempat kegiatan tersebut, kemudian materi yang di sampaikan, singkat tapi padat maknanya, terkait dengan kenakalan remaja, KDRT, bahkan di sampaikan pula aplikasi tanya jawab melalui hp android, jadi kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih, sekiranya kedepan kegiatan sperti ini dapat pula di laksanakan di kelurahan loto, agar masyarakat benar-benar memahami tentang hukum,” imbuhnya.

Perlu diketahui kegiatan penyuluhan tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan, pake masker, tersedianya tempat cuci tangan, dan jaga jarak. (Tam/ADV).