TERNATE, PilarAktual.com – Ditengah wabahnya corona firus atau covid 19 Kantor Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS) Ternate melalui Pos SAR Tobelo kabupaten Halmahera Utara (Halut), Terus melakukan tugas kemanusian, Tugas tersebut kini telah mengevakuasi satu buah longboad yang mengalami mati mesin di perairan Pulau Miti.

Informasih yang dihimpun basarnas tobelo pada Senin (01/6) kemarin sekitar Pukul 23.00 WIT, dari Alfaris (anak korban) bahwa longboat dengan POB 5 orang mengalami mati mesin di perairan pulau miti, Halmahera Utara.

Kronologis kejadian tersebut sekitar Pukul 18.00 WIT, Longboat keluar untuk Memancing Diperairan pulau miti dan sekitar pukul 20.25 Wit, Longboat tersebut mengalami Mati mesin disekitar perairan pulau miti halmahera Utara.

Baca Juga :   Ada Apa, Ketua Umum PD GPII Batu Bara Mengundurkan Diri

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah kepada wartawan, Selasa (02/06/2020) mengatakan setelah Kantor basarnas ternate melalui pos Sar tobelo menerima laporan, pada Pukul 23.20 Wit.

” Setelah menerima laporan tersebut labgsung diarahkan Tim Rescue Pos SAR Tobelo menuju ke lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 03 Tobelo untuk melakukan proses evakuasi terhadap 5 Warga yang mengalami mati mesin,” Ujarnya.

Dijelaskan lagi. Setelah tibanya Team Rescue pos SAR Tobelo di lokasi kejadian langsung melakukan pencarian terhadap para korban.

Sambung dia. Kemudian sekitar Pukul 00.30 Wit, Tim Rescue Pos SAR Tobelo berhasil menemukan seluruh korban kurang lebih 2.48 NM arah utara dari LKP dalam keadaan selamat.

Baca Juga :   Bertambah 15 Orang, Pasien Positif Corona di Jatim Jadi 41 Orang

” Tim sar berhasil menemukan korban dalam kondisi selamat dan langsung dievakuasi dengan menggunakan RIB 03 Pos SAR Tobelo. Dan korban tersebut dievakuasi menuju Pelabuhan Tobelo,”Jelasnya.

Selanjutnya pada Pukul 01.40 Wit, Team tiba di pelabuhan tobelo dan kemudian seluruh korban langsung diserahkan ke pihak keluarganya.

” Dengan telah di temukannya korban maka operasi sar dinyatakan selesai dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih,” Tutupnya.

Perlu diketahui 5 korban yang ditemukan Tim Sar tobelo yakni Nurdin (45) alamat Desa gosoma, Anto (43) alamat desa gosoma, Irwan (39) alamat desa gosoma, Rahman /39 thn ( L)  alamat desa gosoma, Rizal /23 thn ( L)  alamat desa gosoma.

Baca Juga :   Permainan Congkak Budaya Melayu Batu Bara Harus Tetap Dilestarikan

” kelima korban yang ditemukan adalah satu keluarga Desa Gosoma kabupaten Halmahera Utara,” Pungkasnya. (Red)