BOLSEL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Dinkes Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar pelayanan kesehatan di Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK) di Desa Adow, Adow Selatan, dan Torosik, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng).
 
“Pengobatan cuma – cuma sudah di mulai sejak Kamis (22/2/2018),”ujar Kepala DinkesBolsel, dr Sadly Mokodongan, Minggu (25/2/2018). 
 
Kata dia, apa yang dilakukan merupakan upaya dan langkah dalam peningkatan pelayanan kesehatan di daerah yang membutuhkan pelayanan kesehatan ekstra.
 
Untuk jenis pelayanan ini terbagi dua, ada yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dipusatkan di Desa Adow.
 
“Untuk dua desa lain pelayanan kepada masyarakat miskin khususnya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ujarnya.
 
Dalam pengobatan cuma – cuma yang dilakukan beberapa hari ini berhasil melayani 52 orang yang terbagi dalam kelompok anak – anak dan dewasa.
 
“Paling dominan diagnosanya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), dan gangguan kulit seperti gatal – gatal,” ujarnya.
 
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK), Dinkes Bolsel, Saiful Botutihe, menambahkan untuk jumlah tim kesehatanyang diturunkan dari provinsi sebanyak lima orang.
 
“Sementara dari Puskesmas Adow yang hadir sebanyak enam orang,” ujarnya.
 
Diharapkan pemberian pelayanan tersebut dapat membantu kebutuhan kesehatanmasyarakat di seputaran kecamatan tersebut.
 
“Dengan pelayanan kesehatan seperti ini tentu sangat membantu masyarakat, ditambah pelayanan Puskesmas yang semakin maksimal,” tandas Nurlela, warga Adow. 
Baca Juga :   Polres Minsel Dirikan Pos Gabungan TNI-Polri di Sejumlah Titik Strategis