Dinas PMD Boltim Gelar Pelatihan Penggunaan Aplikasi eDMC19 dan eHDW

  • Whatsapp

Tutuyan, PilarAktual.com – Guna menindaklanjuti surat edaran Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI nomor 13 tahun 2020 tentang pemanfaatan penggunaan Aplikasi Desa Melawan Corona Virus Disease 19 (eDMC19) dan Human Development Worker (eHDW).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), pada Selasa (23/6) mulai gelar pelatihan ke para peserta yang diikuti oleh sangadi dan 1 orang operator desa dan 1 orang kader pembangunan manusia (KPM) yang mengusai IT.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Boltim Uyun Kunaefi Pangalima mengatakan kedua Aplikasi ini harus segera digunakan oleh desa. Sehingga dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan tersebut Pemdes wajib sediakan telefon seluler yakni handphone android 5.0, pulsa data bagi peserta yang ikut pelatihan.

“Tujuannya untuk pengisian aplikasi elektronik desa melawan Covid dan aplikasi kader pembangunan masyarakat termasuk stunting didalamnya,” kata Pangalima.

Selain itu, setiap sangadi memastikan data data yang diperlukan seperti jumlah penduduk dusun, jumlah ibu hamil, balita 0-2 tahunan, anak 2-6 tahun serta data kegiatan PAUD, POSYANDU, POLINDES selanjutnya hubungi Kasie Kelembagaan Dinas PMD saudara Jaya Sukoco.

Diketahui pada Selasa (23/6) hari ini jadwal Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Tutuyan bertempat di Kantor PMD, Rabu (24/6) jadwal Kecamatan Moat,Kecamatan Motongkad, Kecamatan Nuangan Kantor PMD, Kamis (25/6) jadwal Kecamatan Modayag dan Kecamatan Modayag Barat lokasi BPU Desa Purworejo.

(*/Fhersa)

Pos terkait