Danrem 022/ PT Buka Latihan Geladi Posko l Yonif 126/ KC

0
27

BATU BARA, PilarAktual.com – Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha SE, M.Si secara resmi membuka Latihan Geladi Posko I Batalyon Infanteri 126/KC di Aula Serbaguna Makoyonif 126/KC di Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu (04/11/2020) sekira pukul 08.00 Wib.

Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha SE, M.Si dalam amanatnya menyampaikan, “latihan ini berguna untuk menilai tingkat kemampuan  satuan bila dihadapkan dengan kemungkinan terjadinya ancaman dan gangguan, khususnya dari separatis bersenjata di wilayah ini.

” Guna memelihara kesiapan tersebut, secara institusional kegiatan latihan ini merupakan upaya nyata, dalam rangka mempersiapkan diri maupun satuan untuk menjawab setiap tantangan tugas.  Namun kita harus yakin bahwa tugas tersebut akan dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, apabila kita menyadari secara sungguh-sungguh bahwa latihan adalah suatu kebutuhan pokok bagi setiap prajurit, “tegas Danrem.  

Baca Juga :   Ini Harapan Bunda Paud Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi Kepada Bapak Bupati Labuhanbatu

Lebih lanjut Danrem menjelaskan, tantangan tugas yang dihadapi dari waktu ke waktu, tidak semakin ringan, maka sudah selayaknya kita senantiasa melakukan evaluasi pada tingkat kesiapan yang kita miliki untuk kemampuan satuan tempur Yonif 126/KC ke depan. 

” Berbagai upaya harus terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme prajurit. Dengan demikian melalui  Geladi Posko I Batalyon Infanteri 126/KC ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan suatu operasi yang akhirnya dapat mendukung tugas pokok Batalyon Infanteri 126/KC,  khususnya dalam mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti yang tertuang dalam tema latihan kali ini yaitu “Yonif 126/KC Siap Melaksanakan Operasi Pertempuran Melawan Insurjensi di Simalungun Kompleks Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan NKRI”, ujar Danrem.

Diakhir amanatnya Danrem 022/PT meminta kepada seluruh peserta maupun penilai dan pengendali, agar melaksanakan latihan Geladi Posko I ini dengan sungguh-sungguh sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan dan setiap kendala maupun kekurangan yang ditemui, jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan latihan dengan baik.

Baca Juga :   Jelang Pemilu 2019, Kapolsek Tareran, Lakukan Sambang Desa

” Lakukan inovasi yang cerdas guna mengoptimalkan pelaksanaan latihan, agar mencapai sasaran yang telah ditentukan, sehingga dapat merespon dan menyelesaikan berbagai persoalan dengan mengambil keputusan secara cepat dan tepat, “ungkap Danrem.

Sementara, Menurut penjelasan Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos menyampaikan kepada media, “seperti yang disampaikan oleh Komandan Korem dalam amanatnya tujuan geladi ini, memelihara dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Yonif 126/KC dalam melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan Kodalops (Komando pengendalian operasi) dalam rangka mengatasi separatis bersenjata,  memahami dan mampu melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi, komando dan pengendalian operasi, serta mampu melaksanakan pengambilan keputusan Komandan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis.

Baca Juga :   Babinsa Kodim 0209/LB Bantu Evakuasi Masyarakat Terkena banjir di Langga Payung

” Tentunya latihan prosedur hubungan Komandan dan Staf diaplikasikan dalam bentuk materi Analisa Tugas Pokok, Petunjuk Perencanaan, Perkiraan Keadaan, Keputusan dan Konsep Umum Operasi, Rencana Operasi, Perintah Operasi serta Perkiraan Cepat, “tegas Dandim.

Dari pantauan media, Upacara Pembukaan Latihan Geladi Posko I Yonif 126/KC ini turut dihadiri oleh Dandim 0208/Asahan, Dandim 0209/LB, Dandim 0203/Langkat, Kasiops Rem 022/PT, Pasilat Rem 022/PT, Danyonif 126/KC, Para penyelenggara  Korem 022/PT dan Para Pelaku Yonif 126/KC.

Acara tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan. Acara Pembukaan latihan ini juga dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk menghindari terjadinya penyebaran virus covid 19. (tLr-Pendim 0208/AS).