Bupati Sehan Landjar Apresiasi PT. Esta Dana Ventura

  • Whatsapp
Bupati Sehan Landjar Apresiasi PT Esta Dana Ventura

Tutuyan, PilarAktual.com – Lembaga Keuangan Non Bank PT. Esta Dana Ventura salah satu pengusul Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang digulirkan Presiden RI Joko Widodo. Mekanismenya diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Nomor 6 Tahun 2020. Lembaga ini memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor KEP-8/D.05/2015 untuk kegiatan usaha modal usaha.

Sementara di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sedikitnya 1.300 pelaku usaha kecil telah mendapat pinjaman BPUM melalui PT Esta Dana Ventura dengan bunga rendah 3 sampai 4 persen.

Bacaan Lainnya

Demikian diungkapkan Direktur Utama PT. Esta Dana Indonesia Rony Harianto didampingi Regional Manajer Sulawesi Utara dan Gorontalo Marcel Wahani kepada sejumlah media. Senin, (28/12/2020).

Kata Harianto, diseluruh Indonesia PT. Esta Dana Ventura sedang melayani 160 ribu pelaku usaha kecil. Lanjutnya, pinjaman modal usaha tanpa jaminan maksimal Rp5 Juta per orang pelaku UKM. Pengajuan hanya dengan KTP dan Kartu Keluarga (KK) saja. Setelah itu diverifikasi oleh pihak PT Esta Dana Ventura.

“Saya mengapresiasi semua nasabah Esta Dana, mereka sangat proaktif dengan tanggungjawab sebagai nasabah,”ujar Rony Harianto, Dirut PT. Esta Dana Ventura.

Ditempat terpisah, kepada Sejumlah wartawan Bupati Boltim Sehan Landjar, SH memberikan apresiasi kepada pihak PT. Esta Dana, karena ikut berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya bagi pelaku UKM di Kabupaten Boltim. Sehan mengaku salut kepada lembaga keuangan non bank tersebut. Sebab, pelaku UKM mendapatkan pinjaman tanpa jaminan. Hanya menunjukan saja KTP/NIK dan KK untuk proses verifikasi. “Hebatnya juga PT Esta Dana Ventura memberikan santunan apabila ada nasabah yang meninggal dunia sebesar Rp 40 Juta diberikan kepada ahli waris.

“Di Boltim sudah 4 nasabah yang meninggal dunia. Ahli warisnya menerima Rp40 Juta tunai,” terang Sehan dalam keterangan pers.

Menariknya, Bupati Boltim dua periode ini melayangkan permintaan maafnya. Karena sebelumnya telah terjadi mis komunikasi dengan PT. Esta Dana kala mendapat informasi yang keliru dari masyarakat terkait pinjaman modal usaha. Ia mengaku, instansi terkait Dinas Koprasi dan UKM selama ini tidak pernah memberitahukan kepadanya tentang keberadaan PT. Esta Dana Ventura di Boltim. Tidak heran, sempat terjadi mis komunikasi soal BPUM.

“Setelah dijelaskan, ternyata ini Sangat membantu masyarakat. Tidak seperti yang dikeluhkan warga sebelumnya. Jadi saya sangat mendukung apa yang telah dilakukan PT. Esta Dana Ventura. Silahkan lanjutkan,” tambah Bupati.

Ditempat terpisah, beberapa ibu pelaku usaha atau pemilik warung menyebutkan bahwa sudah setahun lebih mereka mendapat dukungan modal usaha dari PT. Esta Dana Ventura. Menyangkut setoran atau angsuran per dua minggu terjangkau dan lancar-lancar saja.

“Kami sangat terbantu dengan hadirnya Kantor Esta Dana karena bisa membantu penambahan modal usaha. Bunga pinjaman sangat kecil, tidak sulit bagi kami membayar angsuran setiap dua minggu,” ujar kelompok UKM Cerry Buyat Barat ini.

(*/Fhersa)

Pos terkait