Bupati Bolsel Mulai Salurkan Bantuan Langsung Tunai di Desa Dudepo Barat

Bolsel, PilarAktual.com – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar Kamaru, bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Kamis (30/4/2020) mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I lewat Dana Desa (Dandes) di Desa Dudepo Barat.

Pada penyaluran BLT tersebut, sebanyak 35 Kepala Keluarga (KK) yang menerima BLT Dandes yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 600.000/KK selama tiga bulan.

Menurut bupati, bantuan tersebut merupakan komitmen pemerintah kepada masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. Warga penerima BLT adalah penduduk yang tidak masuk dalam kategori penerima Non PKH, BPNT, ASN, TNI dan Polri.

“Jadi tidak ada intervensi dalam mekanisme pendataan calon penerima BLT Dandes. Dengan kata lain, mereka yang menerima adalah orang-orang yang memang wajib mendapatkan bantuan. Setiap keluarga mendapatkan Rp. 1,8 juta. Tapi tahap penyalurannya secara berkala yakni di bulan April hingga Juni nanti,” jelas Bupati, saat menyerahkan BLT kepada warga Dudepo Barat.

Baca Juga :   Patok Lele Permainan Tradisional Melayu Batu Bara

Bupati juga berharap, bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Saat ini juga kita umat muslim sedang menunaikan ibadah puasa ramadhan, Insya Allah ini bisa membantu,” ucapnya.

Ia juga mengimbau, agar warga Bolsel tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Bolsel.

“Muda-mudahan kita di Bolsel di jauhkan dari Virus Covid-19 dan tetap di posisi nol. Mohon juga doakan semua SKPD dalam keadaan berpuasa tetap masih standby bekerja melayani masyarakat ,” pintanya.

Usai menyerahkan bantuan BLT, Bupati, Wabup dan Sekda meninjau pelabuhan bongkar muat ikan di Desa Dudepo, sekaligus membagikan masker kepada masyarakat yang beraktifitas di dermaga Dudepo.

Baca Juga :   Bupati Minsel Tinjau Penyaluran BLT DD Tahap 3 di Empat Desa Kecamatan Tareran

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Asisten I, II dan III, serta sejumlah pimpinan OPD, tenaga Ahli P3MD dan Pendamping Desa. (*/Red)