Bupati Batu Bara Sambut Baik Workshop Building Material Seri Gedung Sekolah

0
46

BATU BARA, PilarAktual.com – Bupati Batu Bara, Ir.H Zahir, M.AP menyambut baik dilaksanakannya Workshop Building Material Seri Gedung Sekolah Tahap dua (Chapter 2) karena akan terjadi penambahan pengetahuan terkait material bangunan khsusunya bagi kepala sekolah di Batu Bara ini. Dimana saat ini pengelolaan sekolah baik fisik maupun non fisik sudah lebih banyak dikerjakan secara swakelola.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara, Ir. Zahir M.AP dihadapan peserta Wokshop dalam sambutannya sekaligus membuka Workshop Material Building Seri Sekolah tahap dua bertempat di Pendopo Bupati Batu Bara Tanjung Gading, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Kamis (26/11/2020).

Menurut Bupati, bahwa Pembangunan kapasitas yang berkaitan dengan material bangunan, Kepala Sekolah selaku manager pada satuan Pendidikan yang dipimpinnya sangat perlu dan dituntut untuk mengetahuinya agar sekolah yang dipimpinnya dapat memberikan hasil pekerjaan fisik yang berkualitas dan bermutu, papar Zahir.

Masih menurut Zahir, pemahaman kepala sekolah terhadap material bahan bangunan belum dikelola dengan baik, sehingga pada hari ini iamenyambut baik kegiatan ini tentunya atas kerja sama Dinas Pendidikan dengan Mitra Arsitektur Sumatera Utara dan Sponsor sehingga kegiatan ini terselenggara.

Baca Juga :   Melalui Vidcon, Bupati Zahir Dan BNNK Batu Bara Ikuti Peringatan HANI

Bupati juga berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan, dan pemerintah Batu Bara akan mendukung sepanjang untuk membangun SDM Batu Bara. Oleh karenanya ia menghimbau kepada semua untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan sekolah yang dipimpin, ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Zahir juga mengakui bahwa Pemahaman kepala sekolah terhadap material bangunan belum dikelola dengan baik, sehingga pada hari ini ia menyambut baik kegiatan ini tentunya atas kerja sama Dinas Pendidikan dengan Mitra Arsitektur Sumatera Utara yaitu  Sponsor  yang berkenan bersama membantu dan berbagi pengetahuan terkait bahan bangunan.

Masih menurut Zahir, Pengenalan produk bahan bangunan kepada pengelola sekolah baik SD maupun SMP,  jangan dianggap sebagai ajang jual beli sebuah produk. Jadikan kesempatan ini sebagai wadah menambah pengetahuan khususnya terhadap pemanfaatan bahan bangunan sekaligus sebagai bandingan dari beberapa produk yang sebelumnya sudah kita ketahui, papar Zahir.

Baca Juga :   Kajati Baru Berjanji Bakal Evaluasi Kembali Kasus Korupsi

Sementara Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus menyampaikan bahwa beberapa tahun belakangan ini proses pekerjaan fisik non fisik pengelolaannya sepenuhnya ada sekolah. Oleh karenanya Wokshop ini merupakan salah satu sumber belajar dalam pemilihan bahan bangunan yang akan dipergunakan, ucap ilyas.

Ilyas juga menekankan dalam pekerjaan rehab maupun bangun baru atau yang berkaitan dengan konstruksi bangunan, material bangunan  hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam penggunaannya. Pemilihan bahan bangunan yang digunakan juga dapat menentuan efisiensi biaya konstruksi, ketahanan bangunan dan lain sebagainya, papar Ncekli safaan Akrab Kadisdik Batu Bara ini.

” Material bangunan dalam konstruksi adalah setiap bahan yang digunakan untuk tujuan menjalankan konstruksi. Dalam arti lain, penggunaan bahan bangunan tersebut memang dilakukan untuk kepentingan membangun bangunan dalam dunia konstruksi. Sebelum merancang konstruksi sebuah bangunan, tentu saja kita harus mengetahui jenis dan bahan bangunan apa yang diperlukan dengan pertimbangan yang baik. Hal ini dilakukan supaya proses pembangunan pun berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan,” terang Ilyas.

Baca Juga :   Bupati Batu Bara Hadiri Kunker Pangdam I Bukit Barisan

Sementara, Ketua Mitra Arsitektur Sumatera Utara yang juga Ketua Salinker Sumatera Utara, Syahlan Jukri Nasution mengatakan kegiatan ini hanya untuk membantu pengelola sekolah dalam pemenuhan kebutuhan bahan bangunan yang sesuai dan mempunyai kualitas yang baik.  Disamping itu juga pihaknya berupaya memberikan pengetahuan praktis tentang pemilihan dan alternatif dalam pemenuhan bahan bangunan, ujar Syahlan.

Kegiatan Workshop dibuka oleh Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP., dihadiri Asisten II Setdakab Sahala Nainggolan dan ditutup oleh Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus dengan peserta Workshop Kepala UPTD SD dan SMP berjumlah 35 orang. Dari pengamatan awak media yang berada dilokasi kegiatan, peserta sangat menikmati acara workshop apalagi banyak souvenir yang dibagikan oleh masing-masing Mitra Arsitektur baik yang berkaitan dengan produck maupun berupa cendera mata ada muck, payung, kaos, dan lain sebagainya. (HSR)